PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN INTENSITAS MODAL TERHADAP TARIF PAJAK EFEKTIF (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN MANUFAKTUR PADA SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA 2016-2019)


Yulia Anike Wahyudi, 7211417147 (2022) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN INTENSITAS MODAL TERHADAP TARIF PAJAK EFEKTIF (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN MANUFAKTUR PADA SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA 2016-2019). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211417147 YULIA ANIKE WAHYUDI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan mempunyai tujuan agar memaksimalkan keuntungan dengan melakukan segala cara, caranya dengan melakukan manajemen pajak melalui tarif pajak efektif yang berguna untuk mengurangi nilai tarif pajak efektif pada perusahaan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis dan melakukan pengujian secara empiris pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan intensitas modal terhadap tarif pajak efektif. Populasi penelitian ini dilakukan di perusahaan manufaktur pada sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019 dengan total 54 perusahaan. Sampel yang diambil menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh samper akhir 35 perusahaan dengan unit analisis 103 unit setelah dikurangi dengan 37 outlier. Serta teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengujian ini yaitu analisis statistik deskripsi dan analisis inferensial yaitu dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap tarif pajak efektif, profitabilitas berpengaruh negatif terhadap tarif pajak efektif, sedangkan leverage dan intensitas modal tadak berpengaruh terhadap tarif pajak efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa semakin besar ukuran perusahaan maka semakin besar tarif pajak efektif pada perusahaan, serta semakin tinggi profitabilitas maka semakin rendah tarif pajak efektif pada perusahaan tersebut. Namun pada tinggi atau rendahnya leverage dan intensitas modal tidak memiliki pengaruh pada tinggi atau rendahnya tarif pajak efektif pada perusahaan. Saran penelitian ini, pihak perusahaan diharapkan untuk menghentikan segala aktivitas yang tidak menguntungkan bagi perusahaan dan perlu meningkatkan produktivitas perusahaan dengan memanfaatkan asset. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambah populasi dan menambah variabel agar lebih beragam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Intensitas Modal, Tarif Pajak Efektif.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 04:09
Last Modified: 24 Sep 2024 04:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64046

Actions (login required)

View Item View Item