ANALISIS PENGARUH PERSPEKTIF FRAUD HEXAGON TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN INDEKS KOMPAS100 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2019


Toriq Mukaromah, 7211417108 (2022) ANALISIS PENGARUH PERSPEKTIF FRAUD HEXAGON TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN INDEKS KOMPAS100 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2019. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211417108_Toriq Mukaromah - Toriq Mukaromah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Laporan keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban dari manajemen atas penggunaan sumber daya perusahaan menghadirkan tekanan untuk terus menyajikan performa yang baik, sehingga mendorong terjadinya kecurangan laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh financial stability, external presuure, financial target, nature of industry, effective monitoring, rationalization, change in director, frequent number of CEO’s pictures, dan koneksi politik terhadap kecurangan laporan keuangan melalui teori fraud hexagon pada perusahaan indeks KOMPAS100 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu perusahaan yang masuk pada indeks KOMPAS100 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017-2019. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sebanyak 70 perusahaan dengan 210 unit analisis. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi data panel dengan alat analisis software EViews 12. Hasil penelitian membuktikan bahwa financial stability dan rationalization memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan. Sedangkan external pressure, financial target, nature of industry, effective monitoring, change in director, frequent number of CEO’s pictures, dan koneksi politik tidak berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Berdasarkan temuan pada penelitian ini, perusahaan disarankan untuk lebih berhati-hati dalam pengelolaan aset karena rawan oleh skema kecurangan laporan keuangan. Bagi pengguna laporan keuangan seperti investor, diharapkan dapat memperhatikan tingginya financial stability dan rationalization karena dapat mengindikasikan risiko kecurangan laporan keuangan yang tinggi. Penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel independen lain serta menggunakan proksi yang berbeda untuk mengukur komponen kolusi pada teori fraud hexagon.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecurangan Laporan Keuangan, Fraud Hexagon Theory, Fraudulent Financial Statement
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 04:02
Last Modified: 24 Sep 2024 04:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64045

Actions (login required)

View Item View Item