PERAN LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING TERHADAP PENINGKATAN MINAT BACA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI NGLONDONG


Radita Windyasari, 1401419386 (2023) PERAN LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING TERHADAP PENINGKATAN MINAT BACA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI NGLONDONG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419386_RADITA WINDYASARI - Radita Windyasari.docx] HTML - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SD Negeri Nglondong Kecamatan Parakan diperoleh data bahwa minat baca dan kemampuan membaca pemahaman siswa masih rendah. Hal ini didukung dengan rendahnya frekuensi membaca siswa di waktu senggang, membaca siswa yang kurang lancar, dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada kemampuan membaca pemahaman siswa yang kurang maksimal. Hal tersebut diakibatkan karena kurangnya fasilitas dan sarana dan prasarana siswa dalam menggali informasi atau membaca buku. Pada kegiatan pembelajaran ditemui siswa yang membaca masih terbata-bata dan saat guru memberikan pertanyaan mengenai informasi dalam bacaan respson siswa masih minim. Hal ini perlu adanya perlakuan yaitu menggunakan fasilitas pemerintah berupa perpustakaan keliling agar dapat menarik siswa untuk membaca. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran layanan perpustakaan keliling terhadap peningkatan minat baca dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah lima siswa kelas IV dan guru kelas IV. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan delapan orang informan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara untuk memperoleh data primer, serta dokumentasi untuk memperoleh data sekunder. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, perpustakaan keliling dapat meningkatkan minat baca dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal tersebut ditandai dengan minat baca siswa yang meningkat dibuktikan dengan meningkatkan frekuensi membaca siswa serta kemampuan membaca pemahaman siswa dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang meningkat. Simpulan penelitian Perpustakaan Keliling meningkatkan minat baca siswa melalui sistem pelayanan, sumber daya manusia dan koleksi buku serta Perpustakaan Keliling meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa ditandai dengan siswa mampu menangkap isi bacaan, mencari pokok bacaan, menjawab pertanyaan berdasarkan isi bacaan, serta menceritakan kembali isi bacaan dengan tepat

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perpustakaan keliling, minat baca, kemampuan, membaca pemahaman
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:55
Last Modified: 24 Sep 2024 03:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64043

Actions (login required)

View Item View Item