PENGARUH MEDIA SOSIAL, DAYA TARIK WISATA, AKOMODASI, DAN AKSESIBILITAS TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI DATARAN TINGGI DIENG KABUPATEN WONOSOBO


Anandita Kusumaningrum, 7111418167 (2022) PENGARUH MEDIA SOSIAL, DAYA TARIK WISATA, AKOMODASI, DAN AKSESIBILITAS TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI DATARAN TINGGI DIENG KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7111418167_ANANDITA KUSUMANINGRUM - Igo.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian mengenai keputusan berkunjung wisatawan telah banyak dilakukan. Namun dalam penelitian ini menggunakan variabel media sosial sebagai kebaharuan dan Dataran Tinggi Dieng Kabupaten Wonosobo sebagai objek penelitian, karena masih jarang penelitian yang menggunakan variabel dan objek penelitian tersebut. Dataran Tinggi Dieng merupakan destinasi yang terdapat di Kabupaten Wonosobo yang memiliki beragam potensi alam dan memiliki aksesibilitas yang memberikan kemudahan, serta fasilitas akomodasi di sekitar objek wisata yang cukup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial, daya tarik wisata, akomodasi, dan aksesibilitas terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Dataran Tinggi Dieng Kabupaten Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini yaitu menggunakan jumlah kunjungan wisatawan di Dataran Tinggi Dieng Kabupaten Wonosobo periode tahun 2021. Sampel pada penelitian ini sebanyak 96 orang wisatawan dengan menggunakan teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil dari pengujian analisis regresi linear berganda yaitu pada variabel media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung, artinya apabila semakin baik dalam mengelola media sosial maka akan meningkatkan keputusan berkunjung wisatawan. Hasil pada variabel daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung, artinya apabila semakin menarik daya tarik wisata pada sebuah destinasi maka akan meningkatkan keputusan berkunjung wisatawan. Hasil pada variabel akomodasi tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan, artinya wisatawan tidak memperhatikan akomodasi dalam menentukan kunjungan wisata. Hasil pada variabel aksesibilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan, artinya apabila semakin baik aksesibilitas untuk menuju destinasi wisata maka akan meningkatkan keputusan berkunjung wisatawan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Daya Tarik Wisata, Akomodasi, Aksesibilitas, Keputusan Berkunjung.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:48
Last Modified: 24 Sep 2024 03:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64041

Actions (login required)

View Item View Item