IMPLEMENTASI KEMAMPUAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MASALAH SISWA KELAS V SDN KARANGLO KABUPATEN BANYUMAS


Aditya Sekar Maulydiana, 1401419369 (2023) IMPLEMENTASI KEMAMPUAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MASALAH SISWA KELAS V SDN KARANGLO KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419369 - Aditya Sekar Maulydiana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berbicara merupakan kemampuan mendasar yang perlu dikembangkan agar siswa mampu mengolah kata-kata sebagai pengungkapan ide serta membuat pendengar mengetahui makna dari pembicaraannya. Keterampilan dalam berbicara mempunyai peran penting untuk mendapatkan pengetahuan dari lawan bicara dan dapat berinteraksi dengan dunia luas secara baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Kemampuan Berbicara Dalam Pembelajaran IPS Berbasis Masalah Siswa Kelas V Di SDN Karanglo serta mendeskripsikan kendala dan solusi yang diberikan oleh guru dalam kemampuan berbicara. Kemampuan berbicara difokuskan pada kemampuan berekspresi, mengungkapkan ide, pendapat, pemahaman secara menyeluruh, kepercayaan diri, dan penyampaian maksud yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Uji keabsahan data yaitu uji kredibilitas triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat membantu mengembangkan kekuatan kreativitas siswa, kemampuan berpikir, dan meningkatkan kerja sama antar siswa sehingga menunjang pemahaman siswa untuk memaknai kegiatan pembelajaran; (2) Kendala dalam implementasi kemampuan berbicara berbasis masalah adalah kurangnya rasa percaya diri, terdapat siswa yang sering menguasai keaktifan pembelajaran, serta emosi yang belum stabil; (3) Upaya yang dilakukan guru adalah memotivasi siswa, diskusi dengan teman sejawat dan orang tua siswa. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat membantu mengembangkan kekuatan kreativitas siswa, kemampuan berpikir, dan meningkatkan kerja sama antar siswa sehingga menunjang pemahaman siswa untuk memaknai kegiatan pembelajaran. Pembelajaran berbasis masalah juga berpengaruh terhadap kemampuan berbicara siswa sekolah dasar. Guru diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa dengan meningkatkan kompetensi yang guru miliki dan diperlukan kerja sama yang baik dengan orang tua.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; kemampuan berbicara; pembelajaran berbasis masalah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:26
Last Modified: 24 Sep 2024 03:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64029

Actions (login required)

View Item View Item