PENGEMBANGAN MEDIA KABARU (KARTU BANGUN RUANG) BERBASIS QR-CODE MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR


Antik Maulida Sofiah, 1401419363 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KABARU (KARTU BANGUN RUANG) BERBASIS QR-CODE MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419363 - Antik Maulida Sofiah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Hasil penelitian pengembangan yang telah dilakukan di SD Negeri Kedalingan 02 Pati melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi, ditemukan permasalahan dalam mata pelajaran matematika, salah satunya berupa keterbatasan sumber belajar dan media pembelajaran yang kurang inovatif. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana depurpossain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran Kabaru berbasis QR-Code. Tujuan penelitian ini adalah untuk medeskripsikan desain, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media Kabaru berbasis QR-Code. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang telah disesuaikan dengan keadaan, kebutuhan penelitian dan diadaptasi oleh Sugiyono dengan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data/informasi; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) perbaikan desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kedalingan 02 Pati yang berjumlah 27 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Teknik analisis data akhir berupa uji t dan N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Kabaru berbasis QR-Code sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 100% (sangat layak), dan kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 93% (sangat layak) serta dikuatkan dengan tanggapan siswa dengan persentase 94% dengan kriteri sangat baik dan tanggapan guru dengan presentase 100% dengan kriteria sangat baik. Media KABARU berbasis QR-Code efektif digunakan dalam mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri Kedalingan 02 berdasarkan hasil dari posttest menunjukkan bahwa 20 siswa tuntas KKM dan 1 siswa tidak tuntas KKM. Perhitungan uji t diperoleh hasil bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 11.718 > 2.086 sehingga dapat diartikan bahwa ada perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan treatmen penggunaan media. Kemudian uji peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,5845 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media KABARU berbasis QR-Code yang dikembangkan layak dan efektif digunakan pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media KABARU berbasis QR-Code pada muatan pembelajaran lainnya dengan memperbaiki tampilan desain dan menambah referensi pada pembahasan materi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, QR-Code, Matematika.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:23
Last Modified: 24 Sep 2024 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64027

Actions (login required)

View Item View Item