ANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BABAKAN KABUPATEN PURBALINGGA


Wuri Nur Kensari, 1401419313 (2023) ANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BABAKAN KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419313_Wuri Nur Kensari - Wuri Nur Kensari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran tatap muka penuh pada tahun ajaran 2022/2023 saat ini sangat membutuhkan perhatian lebih bagi dunia pendidikan, terutama dalam pembelajaran IPS. Peran guru sangat dibutuhkan untuk membangkitkan motivasi belajar siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Babakan Kabupaten Purbalingga selama proses pembelajaran tatap muka penuh pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV meliputi: pengelola kelas, sumber belajar, demonstrator, fasilitator, pembimbing, motivator, dan penilai. Sedangkan kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran IPS meliputi: guru kurang mengembangkan diri, siswa malas belajar, sarana dan prasarana yang kurang memadai, dan lingkungan keluarga yang kurang mendukung. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi berbagai kendala guru dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV meliputi: guru melakukan proses pengembangan diri, melakukan pendekatan dengan siswa, konsultasi dengan kepala sekolah, kolaborasi dengan teman sejawat, dan kerja sama dengan orang tua siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah peran guru dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV sudah dilaksanakan dengan baik. Guru melaksanakan hampir seluruh perannya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Peran guru sebagai sumber belajar harus diasah lagi keterampilannya. Hal ini dikarenakan guru kurang dalam keterampilan menyampaikan pengetahuan materi yang diajarkan kepada siswa. Selain dari guru, ada faktor lain yang juga menjadi kendala seperti siswa malas belajar, fasilitas kurang memadai, dan lingkungan yang kurang mendukung. Berbagai solusi telah dilakukannya untuk mengatasi kendala tersebut. Saran bagi guru diharapkan untuk lebih mengoptimalkan perannya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Siswa; Pembelajaran IPS; Peran Guru
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:09
Last Modified: 24 Sep 2024 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64018

Actions (login required)

View Item View Item