PENGEMBANGAN MEDIA KUIS HUNTAR(KUBUS TULIS HURUF PINTAR) UNTUKMENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI 01 PANUNGGALAN KABUPATEN GROBOGAN


Desi Nur Amalia, 1401419300 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KUIS HUNTAR(KUBUS TULIS HURUF PINTAR) UNTUKMENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI 01 PANUNGGALAN KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419300_Desi Nur Amalia - Desi Nur Amalia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa kelas 1 SD dalam menulis permulaan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai harian siswa yaitu dari seluruh siswa yang berjumlah 28 siswa terdapat 19 (68%) siswa yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Rendahnya nilai harian siswa tersebut terjadi karena kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga keterampilan siswa dalam menulis permulaan kurang terdukung. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan menulis permulaan tersebut dengan cara mengembangkan media Kuis Huntar (Kubus Tulis Huruf Pintar). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media Kuis Huntar (Kubus Tulis Huruf Pintar), (2) menguji kelayakan Kuis Huntar (Kubus Tulis Huruf Pintar), dan (3) menguji keefektifan Kuis Huntar (Kubus Tulis Huruf Pintar). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa, guru, ahli, dan peneliti. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes: pretest dan posttest, serta teknik non-tes yaitu dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini hasil yang diperoleh yaitu dihasilkan media Kuis Huntar (Kubus Tulis Huruf Pintar) melalui langkah-langkah Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation yang komponennya terdiri dari wadah kubus kecil, kubus gambar, kubus huruf, dan buku panduan media pembelajaran. Media Kuis Huntar (Kubus Tulis Huruf Pintar) yang dihasilkan diuji kelayakannya melalui penilaian ahli media dan penilaian ahli materi yang memperoleh presentase rata-rata 97% dengan kategori sangat layak dan memperoleh presentase 97% dari angket tanggapan guru dan 95% dari angket tanggapan siswa. Kemudian, rata-rata nilai pretest siswa sebesar 64,57 dan rata�rata nilai posttestnya sebesar 88,14. Kesimpulannya media Kuis Huntar (Kubus Tulis Huruf Pintar) layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran yang menunjang pembelajaran menulis permulaan. Terbukti dari hasil uji perbedaan rata-rata yaitu thitung > ttabel (9,536 > 1,703). Hasil perhitungan N-gain sebesar 0,6239 dengan presentase 62%. Sehingga, disimpulkan bahwa media Kuis Huntar (Kubus Tulis Huruf Pintar) efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan siswa kelas 1 SD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kuis huntar; media pembelajaran; menulis permulaan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:00
Last Modified: 24 Sep 2024 03:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64013

Actions (login required)

View Item View Item