THE INFLUENCE OF HEALTH INFRASTRUCTURE, GOVERNMENT EXPENDITURES IN THE HEALTH SECTOR AND INVESTMENT ON ECONOMIC GROWTH OF THE SPECIAL REGION OF YOGYAKARTA IN 2011-2020


Nurul Isnaeni, 7111417012 (2022) THE INFLUENCE OF HEALTH INFRASTRUCTURE, GOVERNMENT EXPENDITURES IN THE HEALTH SECTOR AND INVESTMENT ON ECONOMIC GROWTH OF THE SPECIAL REGION OF YOGYAKARTA IN 2011-2020. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7111417012-NURUL ISNAENI - Nurul Isnaeni.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Provinsi DIY merupakan provinsi dengan laju pertumbuhan ekonomi terendah yang berbanding terbalik dengan rasio tempat tidur rumah sakit terhadap penduduk yang lebih tinggi dari angka nasional. Selain itu, jumlah investasi baik dari sumber dalam negeri maupun sumber asing menjadi yang terendah dibandingkan dengan 5 provinsi lain di Pulau Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh infrastruktur kesehatan, pengeluaran pemerintah bidang kesehatan dan investasi terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi data panel dan menggunakan pendekatan REM (Random Effect Model). Variabel yang digunakan adalah Laju PDRB sebagai variabel dependen dan Infrastruktur Kesehatan, Pengeluaran Pemerintah Bidang Kesehatan dan Total Investasi sebagai variabel independen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel infrastruktur kesehatan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sementara variabel Pengeluaran Pemerintah Bidang Kesehatan dan Total Investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Saran yang diberikan berdasarkan dari hasil penelitian adalah dengan meningkatkan kualitas infrastruktur baik fisik maupun non fisik. Kemudian menambah kelengkapan alat medis dan jumlah tempat tidur rumah sakit, serta memberikan kemudahan terhadap pelaku UMKM dalam proses pendirian usaha dan memberikan pelatihan tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Ekonomi, Infrastruktur Kesehatan, Pengeluaran Pemerintah Bidang Kesehatan, Investasi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:59
Last Modified: 24 Sep 2024 02:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64010

Actions (login required)

View Item View Item