PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING MATERI KEDATANGAN BANGSA BARAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUPEL IPS SISWA KELAS V SD NEGERI SENDANGMULYO REMBANG


Ika Heny Setyaningrum, 1401419286 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING MATERI KEDATANGAN BANGSA BARAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUPEL IPS SISWA KELAS V SD NEGERI SENDANGMULYO REMBANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419286_Ika Heny Setyaningrum - Ika Heny Setyaningrum.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SDN Sendangmulyo Rembang terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS terkait terbatasnya penggunaan media pembelajaran menyebabkan siswa mengalamai kesulitan memahami materi IPS yang luas sehingga hasil belajar IPS rendah. Maka peneliti mengembangkan media buku saku berbasis mind mapping materi kedatangan bangsa barat mupel IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan, kelayakan, dan kefektifan media buku saku berbasis mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar mupel IPS siswa kelas V SDN Sendangmulyo Rembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media, menguji kefektifan, dan kelayakan media buku saku berbasis mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar mupel IPS siswa kelas V SDN Sendangmulyo Rembang. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yang mengadaptasi dari Sugiyono. Penelitian ini hanya melakukan dengan 8 langkah yaitu; (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, dan (8) uji coba pemakaian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kelayakan produk, analisis data awal dan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku saku berbasis mind mapping sangat layak digunakan dengan persentase penilaian kelayakan dari ahli materi sebesar 85,3% dan kelayakan media sebesar 94,7%. Media buku saku berbasis mind mapping efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar mupel IPS dengan hasil uji t menunjukkan (

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Saku, Hasil Belajar, IPS, Mind Mapping
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning style
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:53
Last Modified: 24 Sep 2024 02:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64009

Actions (login required)

View Item View Item