ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PASCA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KEMBANGAN KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA


Tiastriana Rahma, 1401419285 (2023) ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PASCA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KEMBANGAN KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419285 - Tiastriana Rahma.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sistem pembelajaran masa pandemi covid-19 dialihkan menjadi pembelajaran daring dengan memanfaatkan teknologi berupa gadget untuk melaksanakan pembelajaran. Akibatnya siswa terbiasa menggunakan gadget. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget serta upaya mengatasi dampak negatif penggunaan gadget Pasca Pembelajaran Daring pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kembangan Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas V, sembilan siswa kelas V, dan empat orang tua. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan gadget berdampak positif bagi siswa kelas V pasca pembelajaran daring antara lain: siswa semakin mengenal teknologi canggih, gadget mempermudah komunikasi, gadget dijadikan sebagai sumber belajar, gadget sebagai media hiburan siswa, serta melatih kreativitas siswa. Dampak negatif penggunaan gadget yaitu gadget dapat mengganggu kesehatan, siswa kecanduan gadget; siswa menjadi pemalas dan kurang disiplin, gadget dapat mempengaruhi emosi dan bahasa anak, serta gadget dapat mengganggu waktu istirahat dan sulit fokus di kelas. Upaya guru mengatasi dampak negatif meliputi: menciptakan pembiasaan baik di sekolah, memberi nasihat tentang penggunaan gadget untuk siswa, dan kerjasama sekolah dengan orang tua siswa. Sedangkan upaya orang tua yaitu memberikan pembatasan waktu bermain gadget untuk anak, menciptakan pembiasaan baik di rumah, serta memberi aturan dan pengawasan ketika anak bermain gadget. Disimpulkan bahwa: 1) penggunaan gadget berdampak positif mempermudah kehidupan siswa untuk belajar dan hiburan, melatih kemampuan siswa menjadi kreatif dengan syarat penggunaannya tidak berlebihan; 2) penggunaan gadget berdampak negatif bagi fisik, psikis, maupun kehidupan sosial siswa secara berlebihan; 3) Guru dan orang tua telah berupaya mengatasi dampak negatif penggunaan gadget. Saran bagi orang tua dan guru hendaknya mampu mengarahkan siswa untuk menggunakan gadget dengan baik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan rujukan penelitian selanjutnya yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dampak; Gadget; Pasca Pembelajaran Daring
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:50
Last Modified: 24 Sep 2024 02:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64008

Actions (login required)

View Item View Item