IMPLEMENTASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN PPKN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA KELAS IV DI SD NEGERI SLAWI WETAN 03


Dian Asita Septi Ravelia, 1401419280 (2023) IMPLEMENTASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN PPKN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA KELAS IV DI SD NEGERI SLAWI WETAN 03. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419280_Dian Asita Septi Ravelia - Dian Asita Septi Ravelia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Profil Pelajar Pancasila adalah pandangan tentang kecakapan dan karakter pelajar di Indonesia yang disusun dalam kurikulum serta bersumber dengan konstitusi terkait fungsi pendidikan nasional, tujuan, serta peran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran PPKn untuk mengembangkan karakter siswa kelas IV SDN Slawi Wetan 03. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif interaktif yang terdiri dari 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu uji kredibilitas triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukan implementasi penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui pembelajaran PPKn untuk mengembangkan karakter siswa kelas IV di SD Negeri Slawi Wetan 03 telah dilaksanakan dengan baik. Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada kegiatan intrakurikuler. Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dilaksanakan yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, bergotong royong, mandiri, berkhebinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif. Terdapat beragam model dalam mengimplementasikan atau menerapkan enam dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu melalui pembiasaan, keteladanan, pembinaan disiplin peserta didik, pembelajaran partisipatif, dan program kegiatan sekolah. Simpulan penelitian ini yaitu enam elemen Profil Pelajar Pancasila telah diimpelemntasikan pada pembelajaran PPKn serta terdapat faktor pendukung dan kendala dalam mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila. Faktor pendukung Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu, adanya pemberlakukan Kurikulum Merdeka; pelatihan atau diklat guru; bantuan dana; guru yang inovatif dan kreatif, suasana belajar yang nyaman, berkarakter, menyenangkan dan menantang, serta adanya kegiatan pembiasaan. Sedangkan kendala yang terdapat dalam penimplementasian ke enam dimensi Profil Pelajar Pancasila terdapat 3 poin, yaitu fasilitas sarana dan prasarana yang terbatas, faktor lingkungan dan pergaulan, serta kurangnya motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Profil Pelajar Pancasila
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:45
Last Modified: 24 Sep 2024 02:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64005

Actions (login required)

View Item View Item