ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 3B DI SD NEGERI KEMBANGARUM 02 PASCAPANDEMI COVID-19


Afifah Nurul Iza, 1401419269 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 3B DI SD NEGERI KEMBANGARUM 02 PASCAPANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419269_ - Afifah Nurul Iza.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendiskripsikan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 3B SD Negeri Kembangarum 02 Semarang setelah pandemi Covid-19, bentuk kesulitan yang dialami siswa, dan faktor yang memengaruhi kemampuan membaca permulaan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang melalui hasil tes yang mengadaptasi dari metode EGRA (Early Grade Reading Assesment) dan wawancara, data sekunder yaitu melalui hasil observasi dan data dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes yang mengadaptasi dari EGRA (Early Grade Reading Assesment), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman tes, pedoman observasi, pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data digunakan uji reabilitas dengan triangulasi teknik dan sumber. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3B SD Negeri Kembangarum 02 yang berjumlah 21 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti melalui tes kemampuan membaca permulaan, didapatkan bahwa 67% siswa sudah menguasai kemampuan membaca permulaan, sedangkan 23% siswa masih mengalami kesulitan pada beberapa aspek dan 10% masih mengalami kesulitan pada semua aspek. Kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa yaitu penggantian kata, pembalikan huruf, kurang memperhatikan tanda baca. Hal ini dikarenakan siswa tidak memahami kata dan hanya menebak kata-kata tersebut. Siswa juga hanya sebatas mengetahui fungsi dari tanda baca namun kurang memahaminya, sehingga siswa kurang dapat memahami isi dari bacaan tersebut. Faktor yang memengaruhi kemampuan membaca siswa pascapandemi Covid-19 yaitu faktor lingkungan dan faktor psikologis yang mencakup minat dan motivasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Membaca Permulaan, Pandemi Covid-19, Tes EGRA (Early Grade Reading Assesment)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:42
Last Modified: 24 Sep 2024 02:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64003

Actions (login required)

View Item View Item