KESIAPAN GURU SD KELAS IV DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 1 TRIBUANA KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA


Alfian Catur Firmansyah, 1401419221 (2023) KESIAPAN GURU SD KELAS IV DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 1 TRIBUANA KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419221- Alfian Catur Firmansyah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (25MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi penerapan kurikulum merdeka dalam rangka pemulihan pembelajaran akibat menurunnya kualitas pendidikan akibat covid-19. Kurikulum merdeka diterapkan dalam rangka pemulihan pembelajaran akibat dari penurunan kualitas pendidikan. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui kesiapan, hambatan dan upaya guru SD kelas IV dalam pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka di SD Negeri 1 Tribuana, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dengan uji credibility, uji transferability, uji dependablity dan uji confirmability. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru SD kelas IV di SD Negeri 1 Tribuana SD Negeri 1 Tribuana Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara kurang siap sepenuhnya dalam mengimplementasi pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka baik dari segi perencanaan pembelajaran matematika, pelaksanaan pembelajaran matematika ataupun penilaian pembelajaran pembelajaran matematika. Hambatan guru SD kelas IV di SD Negeri 1 Tribuana dalam implementasi pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka meliputi kurangnya pemahaman guru terhadap istilah-istilah baru dalam kurikulum mereka, minimnya pemahaman guru dalam asesmen kurikulum merdeka, kurangnya sarana & prasarana serta penguasaan TIK guru. Upaya yang dilakukan guru SD kelas IV di SD Negeri 1 Tribuana yaitu dengan mengikuti kegiatan program merdeka mengajar dan meningkatkan pemahaman tentang kurikulum melalui internet dan kolaborasi antar guru. Simpulannya, kesiapan guru dalam implementasi pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka yang dilaksanakan oleh guru di kelas VI SD Negeri 1 Tribuana Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara dikatakan kurang siap sepenuhnya, karena memiliki kekurangan dimana pembelajaran matematika yang dilaksanakan belum sepenuhnya sesuai dengan Permendikbud No. 262/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Disarankan kepada guru perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang konsep dan prinsip kurikulum merdeka, melakukan kolaborasi dan pertukaran pengalaman antar guru, serta penyusunan rencana pembelajaran yang lebih melihat kondisi siswa. Kepada sekolah perlu menyediakan dukungan dan fasilitas yang diperlukan untuk implementasi pembelajaran pada kurikulum merdeka, seperti pelatihan, bahan ajar, dan teknologi pendukung. Sekolah perlu melakukan monitoring atau pengawasan untuk menilai dan memperbaiki kualitas mengajar guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan; Guru; Pembelajaran; Matematika; Kurikulum Merdeka
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:30
Last Modified: 24 Sep 2024 02:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63995

Actions (login required)

View Item View Item