ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER MATEMATIKA TIPE HOTS KELAS V SD NEGERI DI GUGUS TEUKU UMAR KABUPATEN PEMALANG


Arman Bagus Maulana, 1401419216 (2023) ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER MATEMATIKA TIPE HOTS KELAS V SD NEGERI DI GUGUS TEUKU UMAR KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419216_Arman Bagus Maulana - Arman Bagus Maulana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran abad 21 menuntut guru untuk selalu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan yang dimilikinya. Dalam pasal 1 Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dijelaskan bahwa guru bertugas untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Artinya tugas dan peran guru tidak hanya terpaku pada pengelolaan proses pembelajaran saja, tetapi juga terkait dengan kegiatan penilaian hasil belajar peserta didik serta evaluasi program pembelajaran yang telah dilaksanakan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah lembar jawab siswa yang ada pada 6 SD Negeri di Gugus Teuku Umar Kabupaten Pemalang Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada analisis kualitatif yaitu teknik panel, sedangkan pada analisis kuantitatif menggunakan program komputer Anates V4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa butir soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian PAS matematika memiliki kualitas yang tinggi ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Jika dilihat dari tipe soalnya, sebagian besar butir soal PAS matematika masih berada pada kategori soal Lower Order Thinking Skills (LOTS) sehingga belum memenuhi kriteria soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jika dilihat dari jenis stimulusnya, sebagian besar butir soal PAS matematika belum menggunakan stimulus sebagai pengantar soal sehingga belum memenuhi kriteria soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Kualitas butir soal PAS matematika ditinjau dari aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecohnya sudah dapat dikatakan baik dan layak untuk diujikan kepada peserta didik, namun terdapat beberapa soal yang masih perlu diperbaiki. Saran bagi guru yaitu butir soal yang berkualitas dapat disimpan dan digunakan kembali pada pelaksanaan evaluasi yang akan datang, butir soal yang kurang baik dapat direvisi dan diperbaiki sehingga memenuhi kriteria soal secara kuantitatif maupun kualitatif. Selain itu, perlunya analisis soal secara kualitatif dan kuantitatif terlebih dahulu sebelum digunakan sebagai alat evaluasi peserta didik. Bagi kepala sekolah hendaknya meningkatkan sosialisasi tentang teknik analisis butir soal secara kualitatif dan kuantitatif serta sosialisasi mengenai pembuatan soal HOTS. Bagi penyusun soal hendaknya memperbanyak penggunaan soal HOTS dan stimulus soal dalam penilaian selanjutnya. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui apakah terdapat perubahan pada kualitas butir soal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis butir soal; penilaian akhir semester; HOTS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:28
Last Modified: 24 Sep 2024 02:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63994

Actions (login required)

View Item View Item