PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD NEGERI 1 TLOGOLELE KABUPATEN BOYOLALI


Niken Ayuningtyas Azhari, 1401419143 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD NEGERI 1 TLOGOLELE KABUPATEN BOYOLALI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419143_Niken Ayuningtyas Azhari - Niken Ayuningtyas Azhari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada kegiatan pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 1 Tlogolele Kabupaten Boyolali ditemukan permasalahan terkait penggunaan media pembelajaran yang kurang optimal. Ketersediaan media pembelajaran yang layak dan sesuai dengan kebutuhan siswa masih sangat terbatas. Oleh sebab itu perlu dikembangkan media pembelajaran yang dapat menjawab permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain, menguji kelayakan serta menguji keefektifan media pembelajaran buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar IPAS Kelas IV SD Negeri 1 Tlogolele Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Tlogolele. Penilaian kelayakan produk dilakukan oleh tim ahli, guru dan siswa. Keefektifan produk di uji dengan menggunakan uji t berpasangan dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain media pembelajaran buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal telah berhasil dikembangkan. Media pembelajaran buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Pada penilaian kelayakan produk, ahli materi memberikan penilaian dengan rata-rata 90,62%, ahli media memberikan penilaian rata-rata 90%, guru memberikan penilaian rata-rata 100% dan siswa memberikan penilaian rata-rata 97% sehingga berada pada kategori sangat layak. Hasil uji t berpasangan pada uji kelompok kecil diperoleh nilai t hitung -23,484 < nilai t tabel -2,571. Pada uji kelompok besar diperoleh nilai t hitung -42,833 < nilai t tabel -2,080. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji N-gain pada kelompok kecil adalah 0,797 dan hasil uji N-gain pada kelompok besar adalah 0,695 sehingga efektifitas media berada pada kategori sedang. Simpulan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal layak digunakan sebagai media pembelajaran dan efektif meningkatkan hasil belajar IPAS siswa Kelas IV SD Negeri 1 Tlogolele Kabupaten Boyolali.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Cerita Bergambar, IPAS, Kearifan Lokal, Media Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 01:59
Last Modified: 24 Sep 2024 01:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63980

Actions (login required)

View Item View Item