PENGARUH MORAL REASONING, ETHICAL SENSITIVITY, DAN PENGETAHUAN ETIKA TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA DENGAN PENGALAMAN PRIBADI SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Yeti Setia Ningsih, 7101418275 (2022) PENGARUH MORAL REASONING, ETHICAL SENSITIVITY, DAN PENGETAHUAN ETIKA TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA DENGAN PENGALAMAN PRIBADI SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101418275_Yeti Setia Ningsih - Yeti Setia Ningsih.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penting bagi mahasiswa calon pendidik untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku, baik dalam lingkungan kampus maupun di lingkungan masyarakat. Namun pada kenyataannya, masih ada mahasiswa calon pendidik yang belum berpeirlaku etis sehingga perlu ditingkatkan lagi agar mahasiswa mampu berperilaku etis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel independen yaitu moral reasoning, ethical sensitivity, dan pengetahuan etika terhadap variabel dependen yaitu perilaku etis mahasiswa dengan pengalaman pribadi sebagai variabel moderating. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner (angket) dan dianalisis menggunakan SEM�PLS dengan bantuan aplikasi Smart PLS 3.3.3. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018 sebanyak 120 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Sampling jenuh adalah jumlah sampel yang sama dengan populasi, sehingga sampel dalam penelitian berjumlah 120 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penelitian yang digunakan telah valid dan reliabilitas konstruk telah dinyatakan layak. Berdasarkan 7 hipotesis yang diajukan, terdapat 4 hipotesis yang diterima. Moral reasoning berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku etis mahasiswa dengan pengaruh paling tinggi sebesar 54,8%. Ethical sensitivity berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku etis mahasiswa melalui pengalaman pribadi (moderating) sebesar 38,8%. Pengalaman pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku etis mahasiswa dengan pengaruh sebesar 14,1%. Pengetahuan etika berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku etis mahasiswa sebesar 11,5%. Kemudian ethical sensitivity berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perilaku etis. Dan pengalaman pribadi sebagai variabel moderating kedua variabel moral reasoning dan pengetahuan etika terhadap perilaku etis mahasiswa menjadi variabel moderating yang memperlemah hubungan dari variabel moral reasoning dan pengetahuan etika terhadap perilaku etis mahasiswa. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat empat hipotesis yang diterima dan tiga hipotesis yang ditolak. Saran untuk peneliti selanjutnya, diharapkan mampu menganalisis dan mengkaji variabel lain yang dapat mempengaruhi perilaku etis mahasiswa seperti locus of control, love of money, gender dan variabel lainnya yang mendukung penelitian dalam mengukur perilaku etis mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Etis Mahasiswa, Moral Reasoning, Ethical Sensitivity, Pengetahuan Etika, Pengalaman Pribadi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 01:56
Last Modified: 24 Sep 2024 01:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63977

Actions (login required)

View Item View Item