PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK EDUKATIF DENGAN QR CODE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN SEJOMULYO 02 KABUPATEN PATI


Syafaatun Nurjanah, 1401419134 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK EDUKATIF DENGAN QR CODE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN SEJOMULYO 02 KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419134 - Syafaatun Nurjanah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil pra-penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi hasil belajar siswa di kelas V SDN Sejomulyo 02 Kabupaten Pati, ditemukan permasalahan bahwa pembelajaran IPS cenderung belum maksimal. Hal ini dipengaruhi oleh belum adanya media pembelajaran yang menarik, kreatif, inovatif, dan berbasis IT sehingga mengakibatkan siswa menjadi bosan dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa cenderung belum memuaskan. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan inovatif yaitu media pembelajaran Scrapbook Edukatif dengan QR Code pada muatan pelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan desain; (2) menguji kelayakan; dan (3) menguji keefektifan media pembelajaran Scrapbook Edukatif dengan QR Code pada muatan pelajaran IPS materi peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model Borg & Gall mengadaptasi dari Sugiyono. Penelitian ini terdapat 8 tahapan yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk skala kecil; (7) revisi produk; (8) uji coba produk skala besar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kelayakan produk, analisis data awal (uji normalitas dan uji homogenitas), dan akhir (uji t dan uji N-gain). Media scrapbook edukatif dengan QR code terdiri atasa beberapa komponen diantaranya cover depan, prakata; daftar isi; petunjuk penggunaan media; peta konsep; KD, indikator, dan tujuan pembelajaran, materi yang dilengkapi QR code; penutup; evaluasi; cover belakang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Scrapbook Edukatif dengan QR Code sangat layak digunakan dengan persentase penilaian oleh ahli materi sebesar 91% dengan kriteria sangat layak dan ahli media sebesar 98% dengan kriteria sangat layak. Media pembelajaran Scrapbook Edukatif dengan QR Code dinyatakan efektif dibuktikan dengan uji t test menggunakan paired sample t-test didapatkan bahwa t hitung>t tabel yaitu 12,1529>1,7530 maka H0 ditolak. Sedangkan hasil uji peningkatan rata-rata nilai (N-gain) pretest dan posttest siswa didapatkan sebesar 0,64 dengan kriteria sedang. Kemudian berdasarkan hasil angket tanggapan guru dan siswa diperoleh persentase 100% dan 92% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, media scrapbook edukatif dengan QR code efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN Sejomulyo 02 Kabupaten Pati. Saran sebaiknya media scrapbook edukatif digunakan sebagai referensi media pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah sehingga diperoleh hasil belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: scrapbook, IPS, media, pengembangan, QR code
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 01:54
Last Modified: 24 Sep 2024 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63976

Actions (login required)

View Item View Item