PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CHATBOT BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 1 NGADIKUSUMAN KABUPATEN WONOSOBO


Anisa Islamiyati, 1401419118 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CHATBOT BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 1 NGADIKUSUMAN KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419118_SKRIPSI - Anisa Islamiyati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas V SD Negeri 1 Ngadikusuman yaitu pelaksanaan pembelajaran IPA tidak dilakukan seperti standar proses yang seharusnya. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi dalam pembelajaran IPA karena kurangnya media pembelajaran yang digunakan. Hal tersebut menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang memotivasi dan memudahkan siswa untuk memahami materi, serta dapat mengefektifkan pelaksanaan pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu mengembangkan desain, mengetahui kelayakan, dan mengetahui keefektifan media pembelajaran chatbot berbasis website untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam muatan pelajaran IPA pada kelas V SD Negeri 1 Ngadikusuman Kabupaten Wonosobo. Jenis Penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Prosedur penelitian yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, kuisioner, dan tes. Teknik analisis data meliputi analisis kelayakan produk, analisis data awal dengan uji normalitas dan analisis data akhir dengan uji T-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran chatbot berbasis website berkategori sangat layak, berdasarkan persentase penilaian oleh ahli media sebesar 85% (sangat layak) dan persentase penilaian oleh ahli media sebesar 91,6% (sangat layak). Kemudian hasil uji t pada hasil Pretest Posttest menunjukkan thitung > ttabel (17,675 > 2,068) maka Ha diterima, yang menunjukkan adanya pengaruh media pembelajaran chatbot berbasis website terhadap hasil belajar siswa pada materi siklus air pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Ngadikusuman. Peningkatan hasil belajar berdasarkan uji N-Gain yaitu 0,6707 dengan ktriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran chatbot berbasis website sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA siklus air kelas V SD Negeri 1 Ngadikusuman. Saran peneliti dalam penelitian ini, media pembelajaran chatbot berbasis website dapat digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran di kelas yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus air muatan pelajaran IPA kelas V.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Chatbot; Hasil Belajar; IPA; Siklus Air; Website
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:18
Last Modified: 23 Sep 2024 07:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63969

Actions (login required)

View Item View Item