PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI BRINGIN 02 KOTA SEMARANG


Adelia Khoirunisa, 1401419104 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI BRINGIN 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419104_ADELIA KHOIRUNISA - Adelia Khoirunisa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil identifikasi masalah yang dilakukan oleh peneliti di kelas V SD Negeri Bringin 02 yang berjumlah 29 peserta didik, ditemukan permasalahan yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi yang menyebabkan kurangnya minat belajar, sehingga memengaruhi hasil belajar peserta didik menjadi rendah khususnya pada muatan pembelajaran IPA. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada muatan pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan tahapan yang meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumen, dan tes. Sementara itu, teknik analisis data pada analisis data awal menggunakan uji normalitas dan pada analisis data akhir menggunakan uji t dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Lectora Inspire berhasil dikembangkan dan memuat beberapa bagian dengan fitur yang menarik. Media pembelajaran berbasis Lectora Inspire dinyatakan “Sangat Layak” oleh ahli media dengan persentase 92% dan ahli materi 95%. Hal ini juga didukung oleh hasil angket tanggapan yang memperoleh kriteria “Sangat Baik” dengan persentase 95,63% (peserta didik) dan 100% (guru). Selain itu, hasil analisis data uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel (13,323 > 1,672) serta hasil uji N-Gain yang mengalami peningkatan sebesar 0,555 yang termasuk dalam kriteria “Sedang”. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Lectora Inspire sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA kelas V pada materi zat tunggal dan zat campuran. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire dapat digunakan secara berkelanjutan pada pembelajaran materi zat tunggal dan zat campuran di kelas V serta dapat dikembangkan pada muatan pembelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; IPA; media pembelajaran; Lectora Inspire, zat tunggal dan zat campuran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:14
Last Modified: 23 Sep 2024 07:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63966

Actions (login required)

View Item View Item