PERBANDINGAN KARAKTERISTIK BUTIR SOAL MATA PELAJARAN KEARSIPAN BERBASIS APLIKASI ANATES DI SMK PEMALANG
Ditia Sevira Amalia, 7101418065 (2022) PERBANDINGAN KARAKTERISTIK BUTIR SOAL MATA PELAJARAN KEARSIPAN BERBASIS APLIKASI ANATES DI SMK PEMALANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Analisis butir soal merupakan suatu tahap yang penting dilakukan oleh seorang pendidik di sekolah terhadap pengembangan tes secara menyeluruh supaya butir soal tes memiliki kualitas yang memuaskan. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan bahwa pendidik yang mengampu mata pelajaran kearsipan di SMK Pemalang belum melakukan analisis butir soal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas butir soal Penilaian Akhir Semester mata pelajaran Kearsipan dan untuk mengetahui perbandingan karakteristik butir soal mata pelajaran Kearsipan di SMK Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 107 lembar jawaban peserta didik di SMKN 1 Pemalang, 106 lembar jawaban peserta didik di SMKN 1 Petarukan, dan 66 lembar jawaban peserta didik di SMK Muhammadiyah 1 Pemalang. Objek dalam penelitian ini sebanyak 50 butir soal di SMKN 1 Pemalang, 45 butir soal di SMKN 1 Petarukan, dan 40 butir soal di SMK Muhammadiyah 1 Pemalang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan aplikasi ANATES V.4.0.9. Hasil analisis karakteristik butir soal di SMKN 1 Pemalang diketahui bahwa perangkat tes dapat dikatakan memiliki kualitas yang tidak baik. Di SMKN 1 Petarukan diketahui bahwa perangkat tes dapat dikatakan memiliki kualitas soal yang cukup baik. Di SMK Muhammadiyah 1 Pemalang diketahui bahwa perangkat tes dapat dikatakan memiliki kualitas soal yang baik. Kesimpulan dari hasil penelitian dan pembahasan terhadap soal Penilaian Akhir Semester ganjil mata pelajaran kearsipan kelas X tahun ajaran 2020/2021 di SMK Pemalang masih ditemukan butir soal yang harus dilakukan perbaikan. Perbaikan yang perlu dilakukan yaitu memperbaiki soal yang berkategori mudah dengan jawaban yang lebih homogen, memperhatikan tingkat kesukaran dengan perbandingan keseimbangan 1:1:1 atau 3:4:3 atau 3:5:2, memperbaiki daya pembeda positif berkategori jelek dan membuang daya pembeda negatif, serta memperbaiki fungsi pengecoh yang tidak berfungsi dengan baik. Untuk soal yang telah memenuhi kategori soal yang baik maka soal tersebut dapat diterima dan disimpan untuk digunakan kembali di tes selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Butir Soal, Kualitas Karakteristik Butir Soal, Kearsipan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 07:11 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63963 |
Actions (login required)
View Item |