PENGARUH KUALITAS WEBSITE, PROMOSI PENJUALAN DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PEMBELIAN IMPLUSIF PRODUK FASHION DI ONLINE SHOP SHOPEE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


JONI DWI SULISTYONO, 7101418049 (2022) PENGARUH KUALITAS WEBSITE, PROMOSI PENJUALAN DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PEMBELIAN IMPLUSIF PRODUK FASHION DI ONLINE SHOP SHOPEE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101418049 Joni Dwi Sulistiyono.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Era digitalisasi saat ini yang semakin berkembang pesat mengakibatkan perubahan pada perilaku masyarakat diberbagai bidang kehidupan terutama pada kegiatan pembelian. Saat ini pembelian dapat dilakukan secara online yang dapat mempermudah konsumen untuk melakukan pembelian sehingga dapat meningkatkan pembelian yang impulsif. Pembelian impulsif merupakan perilaku pembelian yang tidak direncanakan sebelumnya oleh konsumen. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh kualitas website, promosi penjualan, dan word of mouth terhadap pembelian impulsif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2019. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan insidental sampling dengan menggunakan rumus slovin untuk menentukan jumlah sample dan diperoleh 284 responden sebagai sample penelitian. Teknik analisis data menggunakan Struktural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan alat analisis menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi penjualan berpengaruh terhadap pembelian impulsif mahasiswa dengan nilai original sample sebesar 0,510 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Variabel promosi penjualan berpengaruh terhadap pembelian impulsif mahasiswa dengan nilai original sample sebesar 0,153 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Variabel electronic word of mouth berpengaruh terhadap pembelian impulsif mahasiswa dengan nilai original sample sebesar 0,321 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Saran dari penelitian ini bagi perusahaan atau produsen dapat mengembangkan fitur yang ada di Shopee seperti fitur untuk menyaring penjual yang memiliki integritas tinggi sehingga meminimalisir kasus penipuan. Bagi penjual harapannya membuat program promosi yang menarik seperti menambah potongan harga dan hadiah bagi pelanggan. Bagi mahasiswa harapannya dapat mengatur keuangan dengan baik dan melakukan pembelian sesuai dengan kebutuhannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Website, Promosi Penjualan, Electoronic Word Of Mouth, Pembelian Impulsif
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:07
Last Modified: 23 Sep 2024 07:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63960

Actions (login required)

View Item View Item