PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI DORATOON PADA MUATAN PEMBELAJARAN PPKn KELAS V TEMA 8 SUBTEMA 1 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI PURWOYOSO 01 KOTA SEMARANG


Rabiah, 1401419077 (2023) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI DORATOON PADA MUATAN PEMBELAJARAN PPKn KELAS V TEMA 8 SUBTEMA 1 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI PURWOYOSO 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419077 - Rabiah Unnes.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasar pada hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan yakni hasil belajar PPKn kelas V masih banyak yang belum tuntas, pengaruh penggunaan teknologi serta kurangnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan secara optimal. Maka, peneliti mengembangkan media video animasi doratoon pada muatan pembelajaran PPKn kelas v tema 8 subtema 1. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan desain video, menguji kelayakan dan keefektifan media video animasi doratoon muatan pembelajaran PPKn kelas V tema 8 subtema 1. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan dengan model menurut Borg and Gall yang dilakukan sampai pada tahap ke 8 dari 10 tahap. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik tes (pretest dan posttest) dan non tes (observasi, wawancara, angket, tes dan dokumen). Teknik analisis yang digunakan yakni analisis data awal (uji normalitas dan uji homogenitas) dan analisis data akhir (uji t-test dan uji n-gain) Desain media animasi doratoon menggunakan aplikasi doratoon dengan memanfaatkan fitur yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan melalui tahapan model menurut Borg and Gall yakni tahap potensi dan masalah; tahap pengumpulan data; tahap desain produk; tahap validasi produk; tahap revisi desain; tahap uji coba produk; tahap revisi produk; dan tahap uji coba pemakaian. Kelayakan media video animasi doratoon yang dikembangkan mendapatkan validasi ahli materi sebesar 96% dengan kategori sangat layak dan ahli media 88% dengan kategori sangat layak selain itu, juga mendapatkan tanggapan positif dari guru dengan presentase 100% dan 93% dari siswa. Keefektifan penggunaan media diketahui dari analisis hasil belajar diketahui bahwa hasil belajar pretest memperoleh rata-rata sebesar 66,1 dan hasil belajar posttest dengan rata-rata 82,4 dengan hasil uji n-gain sebesar 0.48. Maka, media animasi doratoon dikatakan memberikan pengaruh peningkatan hasil belajar siswa dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini yakni Pengembangan Video Animasi Doratoon memiliki kategori sangat layak digunakan. Keefektifan berdasar analisis hasil belajar Video Animasi Doratoon efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran PPKn. Peneliti menyarankan media video animasi doratoon dimanfaatkan sebagai sumber belajar di sekolah maupun di rumah, dapat dikembangkan untuk muatan pelajaran lainnya, serta diimplementasikan secara daring maupun luring. Kata Kunci: PPKn, Vid

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PPKn, Video Animasi, Doratoon
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Interactive Learning
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:02
Last Modified: 23 Sep 2024 07:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63958

Actions (login required)

View Item View Item