ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS V SD PERSATUAN UMMAT ISLAM KOTA TEGAL


Siti Hananadya, 1401419061 (2023) ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS V SD PERSATUAN UMMAT ISLAM KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419061_SITI HANANADYA - Siti Hananadya.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek merupakan metode pembelajaran yang dapat mewujudkan dimensi dalam profil pelajar Pancasila. Salah satu dimensi dalam profil pelajar Pancasila yaitu, bernalar kritis dan kreatif. Mewujudkan dimensi bernalar kritis dan kreatif dalam profil pelajar Pancasila dapat diwujudkan melalui pembelajaran berbasis proyek dengan memilih tema proyek yang sesuai untuk siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek dapat mewujudkan profil pelajar Pancasila dimensi bernalar kritis dan kreatif siswa kelas V SD PUI Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu data collection (mengumpulkan data), data reduction (merangkum data dengan memilih hal-hal pokok), data display (menyajikan data) dan conclusion drawing/verification. Uji keabsahan data dalam penelitian ini meliputi uji credibility (validitas internal), uji transferability (uji keteralihan), uji dependability (reliabilitas), dan uji confirmability (objektivitas). Hasil dari penelitian yaitu: (1) Pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek dapat mewujudkan profil pelajar Pancasila dimensi bernalar kritis dan kreatif siswa kelas V SD PUI Kota Tegal. (2) Faktor pendukung dalam internal pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek, yaitu minat siswa, motivasi dan semangat siswa mengikuti pembelajaran, dan faktor internal dari guru yaitu sumber daya pendidik yang inovatif dan kreatif. Faktor pendukung eksternal yaitu, potensi lingkungan sekolah, sarana dan prasarana, fasilitas sekolah. (3) Faktor internal penghambat minat siswa mengikuti pembelajaran, kurangnya motivasi dan semangat belajar siswa, karakter dan kemampuan siswa, suasana pembelajaran. Faktor eksternal dalam pembelajaran berbasis proyek yaitu, lingkungan sekolah meliputi kekurangan beberapa sarana dan prasarana, fasilitas sekolah, dan waktu. Berdasarkan hasil penelitian penulis memberikan beberapa saran yaitu, (1) Guru diharapkan dapat mengontrol para siswanya saat pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek berlangsung agar tetap kondusif; (2) Pihak sekolah dapat mengajukan anggaran mengenai sarana dan prasarana proyektor dan LCD; (3) Guru lebih berkreatif dalam menjelaskan materi kepada para siswa salah satunya dengan mengajak siswa kelas V untuk melihat keadaan lingkungan sekitar secara langsung; (4) Guru dapat memperkenalkan produk yang dibuat siswa kelas V SD PUI Kota Tegal ke masyarakat sekitar sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bernalar Kritis dan Kreatif, Pembelajaran Berbasis Proyek, Profil Pelajar Pancasila
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:57
Last Modified: 23 Sep 2024 06:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63955

Actions (login required)

View Item View Item