PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD BERBASIS EDUTAINMENT PADA MUATAN PELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 TLOGOJATI WONOSOBO


Anisa Uswatun Khasanah, 1401419057 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD BERBASIS EDUTAINMENT PADA MUATAN PELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 TLOGOJATI WONOSOBO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419057_Skripsi - Anisa Uswatun Khasanah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil pra penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi diperoleh hasil pembelajaran muatan pelajaran IPAS kelas IV SDN 1 Tlogojati Wonosobo, terdapat beberapa kendala yang menyebabkan pembelajaran belum terlaksana dengan optimal. Kendala tersebut yaitu kurang variatifnya penggunaan media pembelajaran sehingga peserta didik cenderung bosan ketika proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain media, menguji kelayakan media dan menguji keefektifan media media flashcard berbasis edutainment untuk meningkatkan hasil belajar IPAS. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data;(3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 1 Tlogojati yang berjumlah 24. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas,uji t paired sampel, dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini yaitu pengembangan produk media flashcard berbasis edutainment berupa kartu berukuran 8 x 12 cm yang berisi materi Indonesia ku kaya budaya. Berdasarkan hasil angket tanggapan guru dan peserta didik diperoleh persentase 100% dan 100% dengan kriteria sangat baik. sangat layak digunakan dengan persentase penilaian oleh ahli materi sebesar 97% dengan kriteria sangat layak dan ahli media sebesar 76 % dengan kriteria layak. Media pembelajaran flashcard berbasis edutainment dinyatakan efektif dibuktikan dengan uji t test menggunakanpaired sample t-test didapatkan bahwa t hitung>t tabel yaitu -22,5584 >2,11990 maka Ho ditolak. Sedangkan hasil uji peningkatan rata�rata nilai (N-gain) pretest dan posttest peserta didik didapatkan sebesar 0,69 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media flashcard berbantuan edutainment berbentuk kartu dengan tampilan gambar dan juga teks keterangan mengenai materi Indonesiaku kaya budaya, layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPAS Kelas IV SDN 1 Tlogojati Wonosobo. Saran penelitian selanjutnya pada muatan pembelajaran lainnya dengan memperbaiki tampilan desain sehingga dapat dijadikan sumber belajar bagi peserta didik dan guru dapat memanfaatkan media yang lebih baik untuk proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Flashcard ,Edutainment,IPAS,Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:52
Last Modified: 23 Sep 2024 06:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63952

Actions (login required)

View Item View Item