EMOSI POSITIF SEBAGAI MODERASI PENGARUH KETERLIBATAN FASHION DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF


Dhanis Fahmiyatul Khasanah, 7101416323 (2022) EMOSI POSITIF SEBAGAI MODERASI PENGARUH KETERLIBATAN FASHION DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101416323_Dhanis Fahmiyatul Khasanah - DHANIS FAHMIYATUL KHASANAH.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelian Impulsif merupakan perilaku pembelian yang disebabkan oleh adanya dorongan yang sangat kuat, tiba-tiba dan terus menerus yang berupaya untuk mendorong konsumen membeli suatu benda. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran emosi positif sebagai moderasi pengaruh keterlibatan fashion dan literasi ekonomi terhadap pembelian impulsif mahasiswa secara simultan dan parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2019 Universitas Negeri Semarang sejumlah 115 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh yaitu seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2019 . Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa perilaku pembelian impulsif, literasi ekonomi dan emosi positif berada pada kategori tinggi. Hasil menunjukkan bahwa secara parsial keterlibatan fashion berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif dan literasi ekonomi berpengaruh negatif terhadap pembelian impulsif. Adapun emosi positif tidak mampu memoderasi pengaruh keterlibatan fashion terhadap pembelian impulsif dan emosi positif mampu memoderasi pengaruh literasi ekonomi terhadap pembelian impulsif mahasiswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah keterlibatan fashion berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif tetapi tidak dapat dimoderasi oleh emosi positif, sedangkan literasi ekonomi berpengaruh negatif terhadap pembelian impulsif dan dapat dimoderasi oleh emosi positif. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti dalam meminimalisir perilaku pembelian impulsif adalah mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum membeli yaitu lebih memprioritaskan kebutuhan daripada sekadar mengikuti tren fashion dan meningkatkan pemahaman literasi ekonomi sehingga mahasiswa akan lebih cerdas dalam mengelola keuangan secara efektif dan cenderung akan mengurangi pembelian impulsif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelian Impulsif, Keterlibatan Fashion, Literasi Ekonomi, Emosi Positif.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:51
Last Modified: 23 Sep 2024 06:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63951

Actions (login required)

View Item View Item