PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ACTIVE PRESENTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SDN WONOSARI 03 KOTA SEMARANG


Sri Widayanti, 1401419055 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ACTIVE PRESENTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SDN WONOSARI 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419055_Sri Widayanti - Sri Widayanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian di SDN Wonosari 03 Semarang melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi, ditemukan permasalahan dalam pembelajaran IPS. Permasalahan tersebut berupa keterbatasan media pembelajaran yang digunakan kurang inovatif. Cakupan materi pada pembelajaran IPS yang luas menyebabkan siswa sulit untuk memahami materi karena penggunaan media yang kurang optimal pada pembelajaran sehingga minat dan antusias siswa berkurang pada saat proses pembelajaran berlangsung, hal ini juga dapat mempengaruhi hasil belajar IPS rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media interaktif berbasis Active Presenter untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang telah disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan penelitian dan diadaptasi oleh Sugiyono dengan 9 langkah yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk,validasi desain, perbaikan desain,uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Wonosari 03 Semarang yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, angket, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk berupa analisis kelayakan media dan analisis tanggapan guru dan siswa, analisis data awal berupa uji normalitas, dan analisis data akhir berupa uji t dan N-gain. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa pengembangan media interaktif berbasis Active Presenter berhasil dikembangan dan layak digunakan dengan persentase kelayakan oleh ahli media sebesar 92,5%, dan kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 98,2% serta presentase angket tanggapan guru sebesar 100% dan angket tanggapan siswa sebesar 91%. Keefektifan media interaktif berbasis Active Presenter ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji t sebesar 5,302 dan peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest 0,47 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media interaktif berbasis Active Presenter berhasil dikembangkan layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan. Saran peneliti selanjutnya dapat menerapkan media interaktif Active Presenter pada muatan pembelajaran lainnya yakni perlu menyiapkan perangkat alternatif ketika menggunakan media, perlu memperhatikan jumlah kelompok dam uji coba, dan akan lebih baik dalam pelaksanaan uji coba produk dilakukan oleh Guru bukan peneliti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media interaktif, Active Presenter,hasil belajar, IPS.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:49
Last Modified: 23 Sep 2024 06:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63950

Actions (login required)

View Item View Item