KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN KELAS V SDN GUGUS TERATAI KECAMATAN JEPARA


Alika Firda Mariska, 1401419036 (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN KELAS V SDN GUGUS TERATAI KECAMATAN JEPARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419036_Alika Firda Mariska - Alika Firda Mariska.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PPKn kelas V SDN Gugus Teratai Kecamatan Jepara yang disebabkan karena guru belum menerapkan model dan media pembelajaran yang inovatifsehingga antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PPKn berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan hasil belajar, peningkatan hasil belajar, dan perbedaan aktivitas belajar peserta didik kelas V antara kelas eksperimen yang mengggunakan model Problem Based Learning berbantuan video animasi dengan kelas kontrol yang menggunakan model Learning Together. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Gugus Teratai Kecamatan Jepara dan yang menjadi sampel adalah peserta didik kelas V SDN 1 Kedungcino sebagai kelas kontrol dan peserta didik kelas V SDN 2 Kedungcino sebagai kelas eksperimen yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa pretest-posttest dan nontes berupa, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test, uji n-gain, dan analisis deskriptif aktivitas belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan uji t-test hasil belajar PPKn kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung (5,373) > ttabel (2,014), sehingga Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar PPKn antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji n-gain kelas eksperimen sebesar 0,55607 (kriteria sedang), sedangkan nilai n-gain kelas kontrol sebesar 0,27749 (kriteria rendah), yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar PPKn antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil rata-rata aktivitas belajar peserta didik kelas eksperimen yaitu 91,33%, sedangkan rata-rata aktivitas belajar peserta didik kelas kontrol yaitu 73,6%, yang artinya terdapat perbedaan rata-rata aktivitas belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Simpulan penelitian ini yaitu, terdapat perbedaan hasil belajar, peningkatan hasil belajar, dan perbedaan aktivitas belajar peserta didik kelas V antara kelas eksperimen yang mengggunakan model Problem Based Learning berbantuan video animasi dengan kelas kontrol yang menggunakan model Learning Together. Saran peneliti untuk guru adalah perlu adanya penerapan model pembelajaran inovatif pada muatan pelajaran PPKn atau muatan pelajaran lainnya yang disesuaikan dengan materi yang diajarkan sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan memperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar PPKn, Problem Based Learning, video animasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > the role of the teacher
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:39
Last Modified: 23 Sep 2024 06:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63944

Actions (login required)

View Item View Item