PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN 3 KANCILAN KABUPATEN JEPARA


Erina Dwi Nuur Sya’adah, 1401419032 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN 3 KANCILAN KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419032_ERINA DWI NUUR SYA'ADAH - Erina Dwi Nuur Sya'adah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil pra-penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Kancilan Kabupaten Jepara, ditemukan permasalahan bahwa pembelajaran IPA yang dilaksanakan cenderung belum maksimal. Hal ini diakibatkan oleh minimnya penggunaan media pembelajaran berbasis IT dan variasi model pembelajaran yang menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan hasil belajar siswa cenderung belum memuaskan. Sehingga peneliti mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan inovatif yaitu media pembelajaram Articulate Storyline berbasis Problem Based Learning pada muatan pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengembangkan desain; (2) mengkaji kelayakan; dan (3) menguji keefektifan media pembelajaran Articulate Storyline berbasis Problem Based Learning pada muatan pelajaran IPA materi siklus air. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall mengadaptasi dari Sugiyono. Penelitian ini terdapat 8 tahapan yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk skala kecil; (7) revisi produk; (8) uji coba produk skala besar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Articulate Storyline berbasis Problem Based Learning yang terdiri dari beberapa menu sangat layak digunakan dengan rata-rata persentase penilaian oleh ahli materi sebesar 90% dengan kriteria sangat layak dan ahli media sebesar 94% dengan kriteria sangat layak. Media pembelajaran Articulate Storyline berbasis Problem Based Learning dinyatakan efektif yang dibuktikan dengan uji t-test menggunakan paired sample t�test didapatkan thitung > ttabel yaitu 22,6920 > 2,0687 maka H0 ditolak. Sedangkan hasil uji N-Gain didapatkan nilai sebesar 0,61 dengan kriteria sedang. Kemudian berdasarkan hasil angket tanggapan guru dan siswa diperoleh persentase 100% dan 100% dengan kriteria sangat baik. Simpulan penelitian ini yaitu media pembelajaran Articulate Storyline berbasis Problem Based Learning terdiri beberapa menu, sangat layak, dan efektif digunakan pada muatan pelajaran IPA kelas V SDN 3 Kancilan Kabupaten Jepara. Saran penelitian ini yaitu guru dapat menggunakan media Articulate Storyline berbasis Problem Based Learning untuk menunjang pembelajaran pada muatan pelajaran IPA kelas V SD, serta dapat mengembangkan media pembelajaran yang lebih inovatif agar pemahaman materi dan hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Articulate Storyline, IPA, Problem Based Learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:33
Last Modified: 23 Sep 2024 06:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63941

Actions (login required)

View Item View Item