KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING SISWA KELAS I SDN GUGUS RA KARTINI KECAMATAN BOYOLALI


Sri Mulyani, 1401419014 (2023) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING SISWA KELAS I SDN GUGUS RA KARTINI KECAMATAN BOYOLALI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419014- Sri Mulyani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan membaca nyaring yang rendah di kelas I sehingga dapat mempengaruhi kegiatan pembelajaran yang berakibat pada hasil belajar bahasa indonesia siswa belum maksimal. Hal ini mengakibatkan siswa kurang bisa memahami arti-arti maupun perintah dalam teks bacaan sehingga kesulitan dalam menerima informasi yang tersaji dalam buku teks maupun sumber belajar lainnya. Hal ini berakibat pada perilaku siswa yang enggan untuk belajar karena tidak paham sehingga siswa cenderung bermain sendiri dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan penggunaan media Audio Visual yang berguna dalam meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas I SDN Gugus RA Kartini Kecamatan Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental. Prosedur Penelitian ini menggunakan non equivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN Gugus RA Kartini Kecamatan Boyolali. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik tes pretest-posttest dan nontes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, uji t, dan uji N-gain. Hasil dari uji independent sample t-test menunjukan bahwa t hitung = 7,862 > t tabel = 1,898 dan berdasarkan signifikansi dapat dilihat pada kolom sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan rata-rata antara nilai posttest yang dihasilkan kelas eksperimen dan nilai posttest pada kelas kontrol. Selanjutnya hasil uji N-gain diketahui bahwa hasil kemampuan membaca pada kelas eksperimen yaitu sebesar 0,5786 yang termasuk kategori sedang dan pada kelas kontrol sebesar 0,1784 yang termasuk dalam kategori rendah. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media audio visual efektif dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Kelas I SDN Gugus RA Kartini Kecamatan Boyolali. Saran peneliti agar guru dapat menerapkan media yang inovatif dan inspiratif bagi siswa seperti media audio visual. Penggunaan media ini juga harus disesuaikan dengan kebutuhan guru dan siswa selama pembelajaran. Hal ini bertujuan agar pembelajaran yang berlangsung dapat lebih efektif dan hasil belajar yang siswa dapatkan juga semakin meningkat dan lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektifitas kemampuan membaca nyaring , media audio visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > Laboratory Facilities
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:31
Last Modified: 23 Sep 2024 06:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63939

Actions (login required)

View Item View Item