PENGARUH LITERASI MEMBACA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN DI GUGUS HASANUDIN KABUPATEN TEGAL


Achmad Sopandi, 1401418355 (2023) PENGARUH LITERASI MEMBACA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN DI GUGUS HASANUDIN KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418355_Achmad Sopandi - Achmad Sopandi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Literasi membaca dan motivasi belajar merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Kemampuan literasi membaca yang dimiliki siswa dan motivasi belajar yang yang menjadi dorongan siswa untuk belajar akan meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan wawancara awal diketahui bahwa kemampuan literasi membaca, motivasi belajar dan hasil belajar siswa perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi membaca dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN di Gugus Hasanudin Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis pendekatan ex post facto. Variabel pada penelitian ini antara lain hasil belajar Bahasa Indonesia (Y), literasi membaca (X1), dan motivasi belajar (X2). Jumlah populasi sebanyak 209 siswa kelas V di delapan SDN Gugus Hasanudin Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. Teknik pengambilan sampel menggunakan jenis teknik probability random sampling, sampel berjumlah 138 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Uji hipotesis berupa analisis korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi sederhana, regresi ganda, uji determinasi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil data analisis korelasi sebesar 0,456 berarti terdapat hubungan yang sedang antara variabel literasi membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia dan terdapat pengaruh literasi membaca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia sebesar 20,8%; (2) hasil data analisis korelasi sebesar 0,426 berarti terdapat hubungan yang sedang antara motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia dan terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia sebesar 18,1%; dan (3) hasil data analisis korelasi sebesar 0,480 berarti hubungan yang sedang antara literasi membaca dan motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia dan terdapat pengaruh literasi membaca dan motivasi belajar terhadap hasil Bahasa Indonesia sebesar 23,1%. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh literasi membaca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia, terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia, dan terdapat pengaruh literasi membaca dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Saran untuk guru diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa dengan menerapkan kegiata literasi membaca yang menarik. Selain itu, guru diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan melakukan kegiatan belajar yang mampu memotivasi siswa agar melakukan belajar dengan lebih antusias.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Literasi Membaca; Motivasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 04:42
Last Modified: 23 Sep 2024 04:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63933

Actions (login required)

View Item View Item