PENGEMBANGAN MEDIA LIFORIK BERBASIS MACROMEDIA FLASH UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI MENGANALISIS INFORMASI IKLAN PADA SISWA KELAS V SDN BALEDONO 1 PURWOREJO


Ellend Angelina Subekti, 1401418293 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA LIFORIK BERBASIS MACROMEDIA FLASH UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI MENGANALISIS INFORMASI IKLAN PADA SISWA KELAS V SDN BALEDONO 1 PURWOREJO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418293 - Ellend Angelina Subekti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil pra-penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi hasil belajar siswa kelas V SDN Baledono 1 Kabupaten Purworejo, ditemukan permasalahan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia cenderung belum maksimal.hal ini dipengaruhi oleh proses pembelajaran yang masih didominasi dengan pembelajaran konvensional, keterbatasan penggunaan media pembelajaran dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Sehingga peneliti mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan inovatif yaitu media Liforik berbasis Macromedia Flash pada muatan pelajaran bahasa Indonesia kompetensi menganalisis informasi iklan. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan desain media Liforik, (2) mengkaji kelayakan media Liforik, dan (3) menguji keefektifan media Liforik berbasis Macromedia Flash untuk peningkatan kompetensi menganalisis informasi iklan pada siswa kelas V SDN Baledono 1 Purworejo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model Borg&Gall mengadaptasi dari Sugiyono. Populasi dalam penelitian adalah kelas V SDN Baledono 1 Purworejo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Liforik berbasis Macromedia Flash sangat layak digunakan dengan presentase penilaian oleh ahli materi sebesar 90,58% dengan kriteria sangat layak dan ahli media sebesar 77,94% dengan kategori layak. Media Liforik berbasis Macromedia Flash dinyatakan efektif dibuktikan dengan uji t test menggunakan paired t-test didapatkan bahwa t hitung > t tabel yaitu 5,059 > 2,005 maka H0 ditolak. Sedangkan hasil uji peningkatan rata-rata nilai (N-gain) pretest dan posttest siswa didapatkan hasil 0,47 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini yaitu media Liforik berbasis Macromedia Flash layak dan efektif digunakan pada muatan pelajaran bahasa Indonesia kompetensi menganalisis informasi iklan pada siswa kelas V SDN Baledono 1 Purworejo. Saran dalam penelitian ini, yaitu (1) media Liforik dapat dimanfaatkan sebagai strategi untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, (2) guru dapat mengembangkan media Liforik pada kompetensi dan muatan pelajaran lainya serta dapat dikembangkan kembali dengan perencanaan yang lebih matang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Liforik, Macromedia Flash, Analisis Infomasi Iklan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 04:37
Last Modified: 23 Sep 2024 04:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63931

Actions (login required)

View Item View Item