ANALISIS KESESUAIAN MATERI DALAM BUKU SISWA KELAS III SD/MI TEMA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP EDISI REVISI 2018 DENGAN KURIKULUM 2013


Fanni Oktawindani Putri, 1401418283 (2023) ANALISIS KESESUAIAN MATERI DALAM BUKU SISWA KELAS III SD/MI TEMA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP EDISI REVISI 2018 DENGAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418283 - Fanni Oktawindani Putri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Kurikulum 2013 merupakan pembelajaran yang berbasis buku teks. Pemerintah telah menerbitkan Buku Guru dan Buku Siswa sebagai buku teks yang menunjang pelaksanaan Kurikulum 2013. Kedua buku teks pelajaran tersebut digunakan di sekolah dasar (SD) dalam melaksanakan pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara yang penulis lakukan, diperoleh informasi bahwa guru pernah menemukan ketidaklengkapan materi PPKn pada Buku Siswa Tema Makanan Sehat Kelas V Sekolah Dasar. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “Apakah terdapat kesesuaian materi pada Buku Siswa Kelas III Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup?.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian materi Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup pada Buku Siswa Kelas III revisi 2018 Sekolah Dasar dengan Kurikulum 2013 ditinjau dari aspek kelengkapan, keluasan, dan kedalaman materi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif kualitatif dengan metode kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara,observasi, dan wawancara. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, uraian rinci, dan auditing. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Langkah-langkah analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pada Buku Siswa Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III Sekolah Dasar dilihat dari aspek kelengkapan, keluasan, dan kedalaman baru mencapai 50 % yang sudah sesuai dengan Kurikulum 2013. Namun, masih diperlukan perbaikan khususnya pada setiap subtema karena ditemukan banyak materi yang tidak luas, tidak dalam dan tidak lengkap. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas III pada saat uji keabsahan data di SDN Sutapranan, diperoleh informasi bahwa untuk mengatasi materi yang tidak lengkap, tidak luas, dan tidak dalam pada Buku Siswa, guru mencari sumber belajar lain untuk menambahkan materi. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan saran yaitu, (1) guru perlu melakukan kegiatan analisis buku teks pelajaran dan bisa mengatasi kekurangan pada buku teks pelajaran; (2) pihak sekolah perlu menyediakan sumber belajar yang beragam; (3) penulis buku teks pelajaran harus lebih teliti lagi dalam menyusun buku teks pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesesuaian Materi; Kurikulum 2013; Materi Buku Siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 04:34
Last Modified: 23 Sep 2024 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63930

Actions (login required)

View Item View Item