PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ADOBE ANIMATE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 2 CEPIRING KECAMATAN CEPIRING KABUPATEN KENDAL


Natasya Ayu Savitri Widiyatno, 1401418030 (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ADOBE ANIMATE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 2 CEPIRING KECAMATAN CEPIRING KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418030 - Natasya Ayu Savitri Widiyatno.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan multimedia interaktif Adobe Animate Berbasis Problem Based Learning pada muatan pelajaran IPA merupakan salah satu sarana guna membantu pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan prapenelitian yang telah dilakukan melalui tes, wawancara dan dokumentasi di kelas IV SDN 2 Cepiring menunjukkan permasalahan dalam muatan pembelajaran IPA. Kebutuhan akan media pembelajaran yang membantu pemahaman siswa melatarbelakangi penelitian pengembangan ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan multimedia interaktif Adobe Animate Berbasis Problem Based Learning pada muatan pelajaran IPA kelas IV SDN 2 Cepiring. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif Adobe Animate Berbasis Problem Based Learning, menguji kelayakan dan keefektifan media pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Ball dengan 10 tahapan pelaksanaan, yaitu: (1) Potensi masalah; (2) Pengumpulan data atau informasi; (3) Desain produk; (4) Validasi desain; (5) Revisi desain; (6) Uji coba produk; (7) Revisi produk; (8) Uji coba pemakaian; (9) revisi produk; (10) Pembuatan produk masal. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Cepiring. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia interaktif Adobe Animate Berbasis Problem Based Learning layak digunakan dengan persentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 94%, kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 88%. Hasil uji-t pada perhitungan manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh thitung≥ttabel yaitu 31,23≥2,570 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan siginifikan antara hasil belajar pretest dan riteria. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan riteria diperoleh sebesar 0,43 dengan riteria sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah pengembangan multimedia interaktif Adobe Animate Berbasis Problem Based Learning layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPA materi Gaya dan Gerak untuk kelas IV. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan multimedia interaktif Adobe Animate Berbasis Problem Based Learning pada muatan pelajaran lainnya dengan memperbaiki tampilan desain dan menambah referensi untuk memperdalam pembahasan materi dalam buku ajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, adobe animate, gaya dan gerak, kelas IV SD/MI
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 04:29
Last Modified: 23 Sep 2024 04:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63928

Actions (login required)

View Item View Item