PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN MICROSOFT SWAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 4 SDN 08 KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN


NAILA DEWI AMANATI, 1401417390 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN MICROSOFT SWAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 4 SDN 08 KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401417390_Naila Dewi Amanati - Naila Dewi Amanati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (28MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pendidikan di SDN 08 Kedungwuni masih mengalami keterbatasan mulai dari tidak bervariasi bahan ajar, kurangnya pemanfaatan IT, media pembelajaran yang tidak menarik, dan rendahnya minat baca. Permasalahan tersebut memunculkan masalah lain yaitu hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 08 Kedungwuni yang masih banyak di bawah KKM, yakni sebanyak 15 anak dari 25 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran Berbantuan Microsoft Sway . Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg&Gall yang diadaptasi dari Sugiyono meliputi 10 langkah, namun disesuaikan dengan kebutuhan peneliti menjadi 8 langkah yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Analisis data akhir menggunakan uji T-Test dan uji N-gain. Hasil penelitian dari perhitungan uji t diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 artinya terdapat perbedaan yang signif ikan antara data hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan hasil belajar dibuktikan dengan hasil uji N-gain diperoleh nilai 0,34 dengan kriteria sedang. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbantuan Microsoft Sway layak dan efektif digunakan pada muatan pembelajaran IPS materi keberagaman budaya. Pengembangan media pembelajaran berbantuan Microsoft Sway yang dibuat peneliti dilengkapi dengan sintak PBL di dalamnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; IPS; Media Pembelajaran; Microsoft Sway.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 04:27
Last Modified: 23 Sep 2024 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63927

Actions (login required)

View Item View Item