PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL POWTOON BERBANTUAN ETHNOMATHEMATICS TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SDN KALIPAKIS KABUPATEN KENDAL


Frida Ardiani, 1401417091 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL POWTOON BERBANTUAN ETHNOMATHEMATICS TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SDN KALIPAKIS KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401417091 - Frida Ardiani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam menunjang proses belajar mengajar. Sehingga guru sering mengalami kesulitan dalam menggunakan media yang sesuai. Berdasarkan wawancara guru dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kalipakis, terdapat permasalahan yang terjadi pada pembelajaran matematika khususnya materi keliling dan luas bangun datar. Dari 32 siswa kelas IV ada 19 siswa yang nilainya belum mencapai KKM (65). Hal tersebut dikarenakan ketersediaan media pembelajaran yang masih terbatas. Guru hanya memanfaatkan media sederhana seperti kertas atau papan tulis, kurangnya pemanfaatan lingkungan dan budaya sekitar mengakibatkan siswa kurang tertarik dan sulit memahami materi pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti bertujuan mengembangkan media audiovisual powtoon berbantuan ethnomathematics sebagai media pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dari model pengembangan Sugiyono yang hanya dilakukan melalui 8 tahapan. Subjek penelitian yaitu semua siswa kelas IV SDN Kalipakis 1 & 2 sejumlah 32 siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media audiovisual powtoon pada pembelajaran matematika. Data diperoleh dari hasil wawancara, angket kebutuhan guru dan siswa, angket ahli materi dan media, angket respon guru dan siswa serta hasil pretest dan posttest. Teknik analisis data awal meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan teknik analisis data akhir meliputi uji t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media audiovisual powtoon mendapatkan kriteria sangat layak dari ahli media dengan presentase 98% dan ahli materi 94,23%. Pada uji pemakaian kelompok besar menunjukkan rata-rata pretest 53,62 dan posttest 79,5 serta n-gain 0,55 dengan kriteria sedang. Media audiovisual powtoon berbantuan ethnomathematics berpengaruh terhadap hasil belajar matematika yang dibuktikan dengan adanya perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah menggunakan media, diuji melalui uji paired t-test berbantuan SPSS dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian ini adalah media audiovisual powtoon berbantuan ethnomathematics sangat layak digunakan dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar kelas IV. Saran penelitian selanjutnya dapat memanfaatkan dan dijadikan alternatif sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Audiovisual Powtoon, Ethnomathematics, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 04:24
Last Modified: 23 Sep 2024 04:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63926

Actions (login required)

View Item View Item