PENGARUH INTERAKSI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD SEGUGUS GAJAHMADA KOTA TEGAL


ARYOTO, 1401416414 (2023) PENGARUH INTERAKSI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD SEGUGUS GAJAHMADA KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401416414_Skripsi_Aryoto - Neo Hunter.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan formal dalam lingkungan sekolah memiliki kurikulum tertulis, dilaksanakan secara terjadwal, dan dalam suatu interaksi edukatif di bawah arahan guru. Sekolah memiliki kontribusi besar dalam mendidik anak. Interaksi adalah bagian penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Interaksi di dunia pendidikan dikenal dengan istilah interaksi belajar mengajar. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh peserta didik setelah mengalami kegiatan belajar. Berdasarkan hasil wawancara yang penulis lakukan, diperoleh informasi bahwa ada masalah dalam interaksi belajar dan lingkungan sekolah juga beberapa siswa mendapat hasil belajar yang kurang memuaskan “Apakah terdapat Pengaruh Interaksi Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Segugus Gajah Mada Kota Tegal?.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh interaksi belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian ex post facto. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD se-Gugus Gajah Mada Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal dengan jumlah populasi sebanyak 183 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 122 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur untuk menemukan masalah, dokumentasi untuk hasil belajar siswa, dan angket tertutup dengan skala likert 4 untuk interaksi belajar dan lingkungan sekolah. Hasil penghitungan statistik, menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan interaksi belajar terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan melalui hasil pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dengan perolehan t hitung>t tabel (4,52> 1,66) dengan pengaruh sebesar 12,4%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan melalui hasil pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dengan perolehan thitung>ttabel (4,52> 1,66) dengan pengaruh sebesar 14,5%; dan (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara interaksi belajar dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa, dibuktikan dengan perolehan F hitung>F tabel yaitu (11,700 > 3,07) dengan pengaruh sebesar 16,4%. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan saran yaitu, meningkatkan efektifitas komunikasi dalam pembelajaran, memperbaiki fasilitas yang dapat menunjang proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Interaksi Belajar, Lingkungan Sekolah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 04:13
Last Modified: 23 Sep 2024 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63922

Actions (login required)

View Item View Item