KEEFEKTIFAN METODE SUGESTI-IMAJINASI BERBANTUAN MEDIA LAGU TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SD DI GUGUS PUSPITA


Salsabila Na’im, 1401416201 (2023) KEEFEKTIFAN METODE SUGESTI-IMAJINASI BERBANTUAN MEDIA LAGU TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SD DI GUGUS PUSPITA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401416201_Salsabila Na'im - Salsabila Naim.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan kegiatan prapenelitian yang dilakukan di SD pada Gugus Puspita diperoleh permasalahan yaitu siswa mengalami kesulitan dalam materi menulis puisi. Hasil belajar menulis puisi siswa yang masih rendah terlihat juga pada nilai pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM),. Salah satu faktor yang menyebabkan anak mengalami kesulitan menulis puisi yaitu karena siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga kurang efektif terhadap peningkatan hasil belajar menulis puisi. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah metode sugesti imajinasi berbantuan media lagu efektif terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis puisi siswa kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode sugesti imajinasi berbantuan media lagu terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis puisi siswa kelas IV SD. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Gugus Puspita dengan sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN 4 Kriyan sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IV SDN 02 Pendosawalan sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata dan uji n-gain. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (5,716>2,001717) dengan taraf signifikansi= 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 0,3077 dengan kriteria sedang dan kelas kontrol yaitu 0,0971 dengan kategori rendah. Kelas eksperimen memperoleh persentase peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 62.07% sedangkan kelas kontrol memperoleh persentase peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 9,68%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode sugesti imajinasi berbantuan media lagu efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis puisi siswa kelas IV SD di Gugus Puspita. Saran peneliti adalah hendaknya guru memilih metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran dan dapat memberikan motivasi siswa untuk aktif di kelas sehingga memperoleh hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sugesti imajinasi , puisi, media lagu, Bahasa Indonesia.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 04:03
Last Modified: 23 Sep 2024 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63920

Actions (login required)

View Item View Item