PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN TLOGOSARI WETAN 02 KOTA SEMARANG


Alifia Shafa Maharani, 1401418377 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN TLOGOSARI WETAN 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401318377 Alifia Shafa Maharani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang terjadi karena keterbatasannya media pembelajaran yang digunakan. Media yang digunakan hanya terbatas pada media cetak saja yaitu buku. Siswa memerlukan media pembelajaran yang lebih maju yang sesuai dengan kemajuan teknologi saat ini. Media yang dapat memudahkan proses belajar dan dapat digunakan dimana saja dan saat apa saja. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan media pembelajaran flipbook pada mata pelajaran IPS materi Kebergaman Budaya Bangsa ku di SDN Tlogosari Wetan 02 Kota Semarang, (2) Menguji kelayakan media pembelajaran flipbook pada mata pelajaran IPS materi Kebergaman Budaya Bangsa ku di SDN Tlogosari Wetan 02 Kota Semarang, (3) Menguji keefektifan media pembelajaran flipbook pada mata pelajaran IPS materi Kebergaman Budaya Bangsa ku di SDN Tlogosari Wetan 02 Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Reasearch and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang di adaptasi oleh Sugiyono. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV SDN Tlogosari Wetan 02 Kota Semarang. Teknik Pengumpulan data dengan Observasi, Wawancara, Tes, Angket dan Dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran flipbook efektif diguanakan dalam kegiatan pembelajaran sehingga meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. Dinyatakan layak oleh validator ahli dengan presentase penilaian Ahli Materi sebesar 92% dengan kategori sangat layak. Sedangkan penilaian yang diberikan ahli media sebesar 100% dengan kategori sangat layak. Dan mendapatkan tanggapan yang baik dari guru dan siswa dengan tanggapan guru sebesar 97,5% dan tanggapan siswa sebesar 89,7%. Hasil perhitungan uji-t Didapatkan hasil signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 menunjukan adanya perbedaan signifikansi antara vasiabel awal dan variabel akhir, hal ini menunjukan adanya pengaruh dari setiap variabel. Sedangkan N-gain berada di posisi 0,30 < N-gain< 0,70 yang berkriteria sedang berdasarkan hasil tersebut flipbook efektif. Kesimpulan media pembelajaran flipbook layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa materi kebergaman budaya bangsaku. Saran untuk pengguna flipbook digunakan dengan memperhatikan instruksi penggunaan agar dapat mengoptimalkan penggunaannya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Flipbook; Hasil Belajar; IPS; Media Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > Laboratory Facilities
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:52
Last Modified: 23 Sep 2024 03:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63915

Actions (login required)

View Item View Item