EFEKTIVITAS DUOLINGO FOR SCHOOL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 11 KOTA SEMARANG


Putri Fadia Ilmi, 1102419018 (2023) EFEKTIVITAS DUOLINGO FOR SCHOOL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 11 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102419018 - Putri Fadia Ilmi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Proses Pembelajaran menjadi bukti dari terlaksananya hasil dari pendidikan yang diharapkan dalam kehidupan bangsa, melalui proses pembelajaran yang baik dapat membentuk kemampuan intelektual, berpikir kritis, untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan kedepannya. Seiring berkembangnya teknologi, perkembangan media pembelajaranpun ikut berkembang beragam macamnya, seperti media berbasis internet, website, e-learning dan beragam jenisnya. Perkembangan media itu membawa siswa akhirnya dapat melakukan pembelajaran mandiri baik itu dalam peningkatan kemampuan berbahasa secara mandiri salah satunya yaitu Duolino for school. Duolino for school memiliki fitur gamification yang mana dapat digunakan siswa untuk mengulas pembelajaran dasar sambal bermain, maka dari itu penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat mengetahui apakah Duolino for school efektif apabila digunakan dalam pembelajaran bahasa inggris untuk kelas 7 di SMP Negeri 11 Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental design dengan pre-test dan post-test dengan kelas 7H sebagai kelas eksperimen dan kelas 7F sebagai kelas kontrol, variabel bebas dari penelitian yaitu Duolino for school sedangkan variabel terikatnya adalah pembelajaran bahasa inggris. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas 7 SMP Negeri 11 Kota Semarang, sedangkan sampelnya yaitu siswa kelas 7F sebagai kelas kontrol dan siswa kelas 7H sebagai kelas eksperimen. Proses pengambilan data dilaksanan dengan memberikan soal pre-test dan post-test kepada siswa baik itu kelas kontrol ataupun eksperimen, sedangkan kelas eksperimen akan diberikan perlakuan dengan belajar mandiri menggunakan Duolino for school. Hasil dari penelitian melalui pengujian normalitaas dan uji hipotesis dengan uji Shapiro-wilk dan uji one sample test menyatakan bahwa Ha. terdapat efektivitas dari penggunaan Duolino for school dalam pembelajaran bahasa inggris untuk kelas 7 di SMP Negeri 11 Kota Semarang di terima, maka dari itu penggunaan Duolino for school dinyatakan efektif apabila digunakan dalam pembelajaran dan menjadi alternatif untuk siswa agar dapat mengasah kemampuan siswa dalam penguasaan kosakata atau vocabulary ataupun dalam perkenalan struktur kebahasaan secara mandiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Media, Duolino for school, Pembelajaran Bahasa Inggris
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:31
Last Modified: 23 Sep 2024 03:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63905

Actions (login required)

View Item View Item