“ANALISIS MODEL PENGEMBANGAN BUMDes (Studi Kasus Di BUMDes Asung Daya Desa Jatijajar Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang)”


Anggita Damayanti, 7111418153 (2022) “ANALISIS MODEL PENGEMBANGAN BUMDes (Studi Kasus Di BUMDes Asung Daya Desa Jatijajar Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang)”. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7111418153_Anggita Damayanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

BUMDes Asung Daya Desa Jatijajar merupakan salah satu BUMDes kategori berkembang di Kabupaten Semarang. Permasalahan mendasar di BUMDes Asung Daya adalah unit usaha utama yang dijalankan adalah bidang perdagangan padahal sudah banyak masyarakat yang usahanya sama di bidang perdagangan. Untuk kasus BUMDes yang memiliki unit usaha yang sama dengan masyarakat seperti ini dikhawatirkan akan menimbulkan kecemburuan sosial masyarakat kepada BUMDes karena masyarakat merasa tersaingi dan dirugikan. Tujuan BUMDes adalah untuk tujuan ekonomi dan sosial, terkadang BUMDes sendiri masih rancu basis usaha apa yang dilaksanakan apakah mengejar tujuan sosial atau tujuan ekonomi. Di sisi lain BUMDes juga harus mengejar keuntungan ekonomi untuk keberlangsungan usaha BUMDes. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pengembangan BUMDes serta menganalisis faktor internal eksternal perkembangan BUMDes Asung Daya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif menggunakan software ATLAS.ti untuk mengetahui model pengembangan BUMDes Asung Daya dan analisis deskriptif untuk mengetahui faktor internal dan eksternal pengembangan BUMDes Asung Daya. Hasil penelitian menemukan bahwa faktor internal perkembangan BUMDes Asung Daya yaitu kesejahteraan pengelola, pemetaan potensi desa sebelum membentuk unit usaha, serta berorientasi pada keuntungan. Sedangkan faktor eksternal perkembangan BUMDes Asung Daya adalah modal sosial dan kerja sama dengan pihak lain. Hasil analisis didapatkan bahwa BUMDes Asung Daya dikategorikan dalam model pengembangan community based enterprise. Ini terlihat dari indikator-indikator yang didapatkan seperti strategi, tujuan, modal, dan usaha BUMDes Asung Daya adalah sesuai dengan teori community based enterprise.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: BUMDes, Model Pengembangan, Faktor Internal Eksternal, ATLAS.ti
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:01
Last Modified: 23 Sep 2024 03:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63891

Actions (login required)

View Item View Item