SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL DITINJAU DARI KUALITAS KOMPETENSI LULUSAN DI SMP N 21 SEMARANG


Awal Faizin, 1102416037 (2023) SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL DITINJAU DARI KUALITAS KOMPETENSI LULUSAN DI SMP N 21 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102416037_Awal Faizin_Fulldraft Final - Awal Faizin.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Setiap peserta didik yang lulus dari suatu jenjang pendidikan diharapkan memiliki kemampuan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang memadai dan sesuai dengan standar yang berlaku. Pendidikan SMP merupakan tahap kritis dalam proses pembentukan karakter, pengetahuan, dan keterampilan siswa. Penting juga bagi lulusan untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan yang berguna. Salah satu upaya pemerintah dalam mengoptimalkan kualitas kompetensi lulusan yaitu dengan melakukan penjaminan mutu internal. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengungkap dan menganalisis pelaksanaan pemenuhan mutu serta hasil penjaminan mutu ditinjau dari kualitas kompetensi lulusan di SMP N 21 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Informan pada penelitian ini terdiri dari tiga informan yaitu Ketua Tim Penjaminan Mutu Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Guru Mata Pelajaran. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penjaminan mutu internal yang dilakukan di SMP N 21 Semarang menerapkan siklus penjaminan mutu yang berlaku dengan melakukan penyesuaian standar kompetensi lulusan sesuai dengan standar mutu baru, 2) Pemenuhan mutu dilakukan ditinjau dari kualitas kompetensi lulusan dengan melakukan pembinaan, pembiasaan dan pengembangan kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. Simpulan dari penelitian ini adalah Sistem Penjaminan Mutu Internal di SMP N 21 Semarang dilaksanakan sesuai dengan siklus penjaminan mutu dengan penyesuaian standar kompetensi lulusan melalui serangkaian pembinaan, pembiasaan dan pengembangan kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik sehingga yang menghasilkan standar mutu baru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Mutu, Standar Kompetensi Lulusan, Sistem Penjaminan Mutu Internal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:39
Last Modified: 23 Sep 2024 02:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63882

Actions (login required)

View Item View Item