HUBUNGAN INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMP NEGERI 13 SEMARANG
Umi Farikhatun, 1102416004 (2023) HUBUNGAN INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMP NEGERI 13 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pemanfaatan perpustakaan merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran. Intensitas pemanfaatan perpustakaan secara optimal dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan intensitas pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar di SMP Negeri 13 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Dalam penelitian ini, pengujian hipotesis menggunakan tiga tahapan yaitu uji model hubungan, uji kekuatan hubungan dan uji koefisien determinan. Terdapat populasi sejumlah 283 siswa dengan pengambilan sampel 3 kelas yang berjumlah 94 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : hubungan intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar di SMP Negeri 13 Semarang, berada dalam kategori baik yang ditunjukkan dengan perolehan nilai TCR pada variabel intensitas pemanfaatan perpustakaan sebesar 73,01%, sedangkan nilai TCR pada variabel hasil belajar sebesar 94,62%. Hasil analisis korelasi diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan koefisien korelasinya sebesar 0,373. Karena nilai sginifikansi 0,000 < 0,05 maka hipotesis yang menyatakan adanya hubungan antara intensitas pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar diterima. Sedangkan koefisien korelasi 0,373 diartikan sebagai hubungan positif dengan kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar di SMP Negeri 13 Semarang. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu sebagai guru diharapkan mampu menjadikan perpustakaan sekolah sebagai salah satu fasilitas sekolah yang digunakan sebagai sumber pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | intensitas, pemanfaatan, perpustakaan sekolah, hasil belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > Educational Institutions |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 02:35 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 02:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63880 |
Actions (login required)
View Item |