PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY (TEFA) DAN KELAS INDUSTRI DALAM MEMPERSIAPKAN LULUSAN SIAP KERJA DAN MINAT WIRAUSAHA
Adelia Nova Putri, 7101418239 (2023) PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY (TEFA) DAN KELAS INDUSTRI DALAM MEMPERSIAPKAN LULUSAN SIAP KERJA DAN MINAT WIRAUSAHA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan memiliki prinsip dan tujuan yang dicapai yaitu membimbing siswa dan menyiapkan lulusan bertenaga kerja dengan kompetensi keahlian yang sesuai dengan kebutuhan DU/DI. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran teaching factory dan kelas industri dalam mempersiapkan lulusan yang siap kerja dan minat wirausaha pada siswa kelas XII (kelas industri) program keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Pedan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, wawancara dan kuisioner. Teknik analisis data pada metode kualitatif dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan dengan kuisioner dilakukan dengan analisis data deskriptif. Hasil analisis data penelitian ini ditemukan bahwa pembelajaran teaching factory dan kelas industri terbukti efektif dalam mempersiapkan siswa untuk bekerja setelah lulus dan meningkatkan minat wirausaha siswa. Penerapan pembelajaran teaching factory merupakan adaptasi atau replika mini dari pembelajaran kelas industri yang ada di industri. Pembelajaran teaching factory dapat menumbuhkan minat berwirausaha karena banyak siswa yang menitipkan produknya di toko sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki minat wirausaha kategori tinggi dan siswa memiliki kesiapan kerja dengan kategori sangat tinggi. Keterlibatan siswa dalam kedua pembelajaran ini juga berada di kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran teaching factory dan kelas industri dikatakan berhasil dalam menyiapkan siswa untuk siap bekerja setelah lulus dan menumbuhkan minat serta meningkatkan minat wirausaha siswa. Saran dalam penelitian ini adalah pihak sekolah dapat memperbaharui sarana unit produksi teaching factory agar proses belajar mengajar tidak tertinggal jauh dengan DU/DI dan untuk guru dapat meningkatkan evaluasi pembelajaran agar mengetahui kendala dan hambatan selama proses belajar, serta siswa agar dapat meningkatkan pengetahuan akademik meskipun berada di lingkungan industri yang mengasah softskill dan hardskill juga harus meningkatkan pengetahuan akademik agar siswa menjadi lulusan yang berkualitas baik secara akademik dan keahliannya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Teaching Factory, Kelas Industri, Kesiapan Kerja, Minat Wirausaha. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 02:34 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 02:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63879 |
Actions (login required)
View Item |