PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG HASIL BELAJAR SANTRI DI MADRASAH DINIYATUL AWALIYAH (MDA) ULAL ULUM, DESA PECANGAKAN, KABUPATEN TEGAL


Diki Meidiansah, 1102416002 (2023) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG HASIL BELAJAR SANTRI DI MADRASAH DINIYATUL AWALIYAH (MDA) ULAL ULUM, DESA PECANGAKAN, KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102416002_Diki Meidiansah - Diki Meidiansah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran yang baik memerlukan dukungan media pembelajaran yang sesuai dan membantu pendidik dalam menyampaikan pesan atau materi pada siswa. Dalam era digitalisasi, media pembelajaran berbasis teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) menjadi semakin penting. Media pembelajaran adalah semua benda dan usaha yang digunakan untuk mendistribusikan pesan dan merangsang pikiran peserta didik. Pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis virtual reality (VR) meningkatkan manfaat kognitif dan pendagogi peserta didik dalam pendidikan teknik serta meningkatkan pemahaman peserta didik tentang mata pelajaran, kinerja, nilai, dan pengalaman pendidikan. Meskipun demikian, peserta didik pada Madrasah Diniyatul Awaliyah (MDA) yang mendapatkan pendidikan nonformal belum banyak merasakan kemajuan ini. Pembelajaran di TPQ dan MDA masih menggunakan pola-pola tradisional dan konvensional dengan media pembelajaran yang terbatas, seperti karikatur dan majalah. Melihat kenyataan tersebut ditambah dengan adanya Pandemi Covid-19 yang menyebabkan ruang mengajar menjadi sangat terbatas membuat MDA Ulal Ulum di Kabupaten Tegal menggunakan media pembelajaran berbasis virtual reality sebagai variasi pembelajaran sejak akhir tahun 2021 dalam beberapa materi praktik khususnya praktik sholat dalam pembelajaran Fasolatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penggunaan media pembelajaran berbasis virtual reality dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Diniyatul Awaliyah (MDA). Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 40 siswa yang dipilih secara acak dari dua kelas di MDA. Satu kelas diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran berbasis virtual reality dan kelas lainnya sebagai kelompok kontrol yang tidak menerima perlakuan ini. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa di kelas yang menggunakan media pembelajaran berbasis virtual reality dengan hasil belajar siswa di kelas kontrol. Kesimpulannya, penggunaan media pembelajaran berbasis virtual reality dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Diniyatul Awaliyah (MDA) dan disarankan untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran untuk memperkaya pengalaman belajar siswa dan memajukan pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Virtual Reality, Fasolatan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:30
Last Modified: 23 Sep 2024 02:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63878

Actions (login required)

View Item View Item