ANALISIS SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA SDN KREBET 1 SRAGEN


RIS FATMA PRATIWI, 0103518012 (2023) ANALISIS SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA SDN KREBET 1 SRAGEN. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Di Indonesia banyak terjadi kasus kekerasan terhadap anak (kekerasan fisik, psikis, seksual dan penelantaran) dan ada yang dilakukan oleh guru. Bentuk�bentuk kekerasan yang banyak ditemukan berupa pelecehan serta bentuk-bentuk hukuman yang tidak mendidik bagi peserta didik, seperti mencubit, membentak dengan suara kasar, dan menjewer. Pendidikan sekolah ramah anak menjadi salah satu lembaga yang berperan terhadap pembentukan karakter siswa. Sekolah merupakan salah satu tempat efektif untuk menginternalisasikan pendidikan karakter terhadap peserta didik. Nilai karakter yang relevan untuk diterapkan di sekolah dasar sesuai karakteristik siswa salah satunya adalah nilai disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan sekolah ramah anak dalam membentuk karakter disiplin siswa di SD N Krebet 1 Sragen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Guru, Peserta Didik, Orang Tua dan Alumni. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Miles-Huberman yaitu data collection, data reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian didapatkan bahwa SDN Krebet 1 Sragen telah melaksanakan program Sekolah Ramah Anak dalam membentuk Karakter Disiplin siswa meliputi kebijakan sekolah, pelaksanaan kurikulum, adanya pendidik dan tenaga kependidikan, penyediaan sarana dan prasarana, partisipasi anak, orang tua dan alumni, kemudian kegiatan budaya sekolah di kelas, sekolah dan luar sekolah. Pembentukan karakter disiplin di SDN Krebet 1 Sragen meliputi adanya kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan keteladanan, pengkondisian dari kepala sekolah, guru, dan karyawan, serta peran dari orang tua dan alumni dilingkungan sekolah. Penanaman karakter disiplin di sekolah ramah anak SDN Krebet 1 Sragen dilaksanakan melalui kegiatan sehari-hari, antara lain disiplin waktu, disiplin berpakaian, disiplin dalam mengikuti kegiatan sekolah seperti siswa pagi disambut guru, berbaris, menyanyikan lagu daerah atau nasional, mengaji bersama (membaca asmaul husna, surat, dan iqro atau al quran), literasi, sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah, mengikuti jam tambahan, kemudian setiap hari jumat ada jumat bersih, jumat sehat, jumat tausiyah dan berkah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 18 Sep 2024 03:22
Last Modified: 18 Sep 2024 03:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63855

Actions (login required)

View Item View Item