PENGARUH KUALIFIKASI AKADEMIK , KOMPETENSI DOSEN DAN KURIKULUM TERHADAP KINERJA DOSEN MELALUI TEACHING FACTORY DI POLITEKNIK EKS KARESIDENAN PEKALONG


Mohammad Khambali, 010161700 (2022) PENGARUH KUALIFIKASI AKADEMIK , KOMPETENSI DOSEN DAN KURIKULUM TERHADAP KINERJA DOSEN MELALUI TEACHING FACTORY DI POLITEKNIK EKS KARESIDENAN PEKALONG. Doctoral thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Disertasi] PDF (Disertasi) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendiskripsikan pengaruh; (1) kualifikasi akademik terhadap teaching factory;(2) kompetensi dosen terhadap teaching factory;(3) kurikulum terhadap teaching factory; (4) kualifikasi akademik terhadap kinerja dosen;(5) kompetensi dosen terhadap kinerja dosen;(6) kurikulum terhadap kinerja dosen; (7) teaching factory terhadap kinerja dosen; (8) kualifikasi akademik terhadap kinerja dosen melalui teaching factory;(9) kompetensi dosen terhadap kinerja dosen melalui teaching factory;(10) kurikulum terhadap kinerja dosen melalui teaching factory di Politeknik eks karesidenan Pekalongan. Penelitian ini melibatkan politeknik swasta di wilayah eks karsidenan Pekalongan propinsi Jawa Tengah dengan populasi 101 dosen dari 4 kabupaten. Jumlah sampel penelitian berjumlah 101 orang. Berdasarkan hasil path analisis diperoleh simpulan bahwa: (1)tidak ada pengaruh langsung kualifikasi akademik dosen terhadap teaching factory dengan nilai sig 0,438> 0,05 ;(2) ada pengaruh langsung kompetensi dosen terhadap teaching factory dengan nilai Sig 0,025<0,05.;(3) tidak ada pengaruh langsung kurikulum dosen terhadap teaching factory; dengan nilai sig 0,066>0,05;(4) tidak ada pengaruh langsung kualifikasi akademik terhadap kinerja dosen dengan nilai sig 0,857>0,05; (5) tidak ada pengaruh langsung kompetensi dosen terhadap kinerja dosen dengan nilai sig 0,403>0,05; (6) tidak ada pengaruh langsung kurikulum terhadap kinerja dosen dengan nilai sig 0,951>0,05;(7) ada pengaruh langsung teaching factory terhadap kinerja dosen dengan nilai sig 0,000<0,05 ;(8) tidak ada pengaruh tidak langsung kualifikasi akademik terhadap kinerja dosen melalui teaching factory yaitu 0,049<0,083; (9) ada pengaruh tidak langsung kompetensi dosen terhadap kinerja dosen dalam tinjauan aspek prestasi belajar mahasiswa melalui teaching factory yaitu 0,161>0,102; (10) tidak ada pengaruh tidak langsung kurikulum terhadap kinerja dosen melalui teaching factory dengan nilai 0,125<0,212; Penelitian ini memberikan penemuan baru bahwa (1) kompetensi dosen dapat meningkatkan kinerja dosen melalui teaching factory;(2)variabel teaching factory sangat efektif dalam meningkatkan kinerja dosen ditinjau pada prestasi mahasiswa

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: kinerja dosen, teaching factory, kualifikasi akademik, kompetensi dosen, kurikulum
Subjects: L Education > teacher competence
L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Sep 2024 02:48
Last Modified: 17 Sep 2024 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63853

Actions (login required)

View Item View Item