PERAN KEPUASAN PELANGGAN MEMEDIASI NILAI UTILITARIAN DAN NILAI HEDONIS DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN WANITA PADA PRODUK BEDAK VIVA COSMETICS


Wimar Nurkholipah, 7311419036 (2023) PERAN KEPUASAN PELANGGAN MEMEDIASI NILAI UTILITARIAN DAN NILAI HEDONIS DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN WANITA PADA PRODUK BEDAK VIVA COSMETICS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7311419036_Wimar Nurkholipah - vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Industri kecantikan menunjukkan pertumbuhan yang sangat besar bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Produk bedak Viva Cosmetics merupakan produk kosmetik yang memiliki kontribusi paling besar bagi perusahaan. Di tengah persaingan industri kecantikan produk bedak Viva Cosmetics terus mengalami penurunan dari tingkat loyalitas pelanggan. Hasil penelitian sebelumnya masih terdapat inkonsistensi dari beberapa peneliti sehingga membutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh variabel nilai utilitarian, nilai hedonis, kepuasan pelanggan, terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan loyalitas pelanggan yang dipengaruhi oleh nilai utilitarian dan nilai hedonis serta mengukur peran kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan wanita produk bedak Viva Cosmetics di Kota Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 116 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode Partial Least Structural Equation (PLS-SEM) dengan aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai utilitarian berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan dapat dimediasi oleh kepuasan pelanggan, nilai hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan namun tidak dapat dimediasi oleh kepuasan pelanggan, dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Utilitarian, Nilai Hedonis, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Perilaku Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Sep 2024 15:18
Last Modified: 01 Sep 2024 15:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63732

Actions (login required)

View Item View Item