Pemahaman Fakta Sejarah Ratu Kalinyamat dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jepara


Laila Isna Fitriani , 3101407014 (2011) Pemahaman Fakta Sejarah Ratu Kalinyamat dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemahaman Fakta Sejarah Ratu Kalinyamat dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jepara]
Preview
PDF (Pemahaman Fakta Sejarah Ratu Kalinyamat dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jepara) - Published Version
Download (808kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Sejarah di kelas X SMA Negeri 1 Jepara terpaku pada materi pelajaran. Siswa tidak mengetahui sejarah lokal yang ada di sekitar siswa. Padahal di Jepara terdapat pahlawan lokal yang sangat legendaris yaitu Ratu Kalinyamat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Apakah penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat mempermudah siswa kelas X SMA Negeri 1 Jepara memahami fakta sejarah Ratu Kalinyamat? (2) Apakah ada perbedaan tingkat pemahaman fakta sejarah Ratu Kalinyamat pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Jepara dengan menggunakan model pembelajaran Contextual teaching and learning dan model pembelajaran ceramah? Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap fakta sejarah Ratu Kalinyamat. Sedangkan model pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning. Pembelajaran contextual teaching and learning merupakan suatu konsep belajar di mana guru menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliknya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang kegiatannya terbagi menjadi dua kelas yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Jepara. Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode pengambilan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Jepara sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas X.3 SMA Negeri 1 Jepara sebagai kelompok kontrol. Data yang diambil melalui observasi, dokumentasi, dan test. Tingkat pemahaman fakta sejarah pada kelas eksperimen mencapai nilai rata-rata kelas sebesar 80,29 dan untuk kelas kontrol sebesar 75 dengan hasil perhitungan dengan uji t diperoleh thitung (3,063) > ttabel (1,67). Maka disimpulkan bahwa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa model pembelajaran contextual teaching and learning ternyata lebih dapat memahamkan fakta sejarah Ratu Kalinyamat pada kelas X SMA Negeri 1 Jepara. Pembelajaran sejarah sebaiknya memasukkan sejarah lokal ke dalam materi pembelajaran agar siswa dapat memahami peristiwa sejarah yang ada dalam lingkungan tempat tinggal siswa. Model pembelajaran contextual teaching and learning perlu dilaksanakan dalam kelas karena model pembelajaran tersebut dapat mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman fakta sejarah, Ratu Kalinyamat, Contextual Teaching and Learning
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Oct 2011 04:23
Last Modified: 25 Apr 2015 06:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6369

Actions (login required)

View Item View Item