HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KECAMATAN SINGOROJO KABUPATEN KENDAL


Wiwin Widyowati, 1401417250 (2021) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KECAMATAN SINGOROJO KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401417250- SKRIPSI - Wiwin Widyowati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelangi pada Tingkat pendidikan orang tua, pola asuh serta motivasi belajar siswa yang dirasa masih rendah. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V Sekolah Dasar Negeri Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal diketahui bahwa tingkat Pendidikan orang tua mayoritas lulusan Sekolah Dasar dan pelaksanaan pola asuh terhadap anak belum optimal, serta rendahnya motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan tingkat Pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal. (2) menguji hubungan pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal. (3) menguji hubungan tingkat Pendidikan orang tua dan pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Variabel penelitian ini meliputi tingkat Pendidikan orang tua, pola asuh orang tua dan motivasi belajar. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal sebanyak 117 siswa. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan Teknik sampel jenuh, yaitu menggunakan semua jumlah populasi menjadi sampel penelitian. Tekinik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Uji instrument melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Tekinik analisis data dengan statistic deskriptip, uji normalitas, uji lineritas, uji multikolinieritas, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji signifikan dan uji determinasi Hasil penelitian menunjukan: (1) ada hubungan yang posistif dan siginifikan antara tingkat Pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,402 dengan nlai signifikansi 0,000 < 0,05, (2) ada hubungan positif dan signifikansi anatar pola asuh orang tua terhdap motivasi belajar siswa dengan nilai korelasi 0,617 dengan nilai signifikansi 0,000 yang termasuk dalam kategori kuat, sehingga pada uji korelasi ganda tingkat Pendidikan orang tua dan pola asuh orang tua diperoleh 0,639 terhadap motivasi belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini menunjukanadanya hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat oemdidikan orang tua dan pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal. Saran bagi guru diharapkan mampu memberikan sosialisai kepada orang tua tentang pola asuh orang tua untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tingkat pendidikan, pola asuh orang tua, motivasi belaja
Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 28 Aug 2024 08:36
Last Modified: 28 Aug 2024 08:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63668

Actions (login required)

View Item View Item